kievskiy.org

Norwegia Siap Menangkap Benjamin Netanyahu Jika Surat Perintah Dikeluarkan oleh ICC

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu
Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu /Kolam ABIR SULTAN via REUTERS

PIKIRAN RAKYAT - Norwegia telah mengumumkan bahwa mereka akan menangkap Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan Menteri Pertahanan Yoav Gallant jika surat perintah penangkapan dikeluarkan oleh panel hakim Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) di Den Haag.

Menteri Luar Negeri Norwegia, Espen Barth Eide, menyatakan bahwa jika surat perintah penangkapan dikeluarkan terhadap Netanyahu dan Gallant atas nama ICC, Norwegia akan melakukan kewajibannya untuk menangkap keduanya jika mereka tiba di negara itu.

Eide juga menegaskan bahwa Netanyahu berisiko diekstradisi jika dia mengunjungi Norwegia, sebagaimana yang dilaporkan oleh surat kabar daring Norwegia.

Dalam konteks penilaian panel hakim ICC terhadap pengeluaran surat perintah penangkapan, Eide menggarisbawahi bahwa kewajiban Norwegia adalah menyerahkan seseorang yang menjadi target surat penangkapan ke pengadilan.

"Kami berharap semua negara anggota ICC akan mengikuti prinsip yang sama," ujarnya, sebagaimana dilaporkan oleh Anadolu Agency.

Sebelumnya, Jaksa Agung ICC, Karim Khan, telah mengajukan surat penangkapan terhadap Netanyahu, Gallant, serta beberapa pejabat tinggi Hamas lainnya, termasuk kepala politbiro Ismail Haniyeh dan kepala sayap militer Mohammed Deif di Gaza.

Keputusan mengenai pengeluaran surat perintah penangkapan akan ditentukan oleh tiga hakim ICC yang akan menilai bukti-bukti yang diajukan oleh kantor Jaksa Agung ICC.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat