kievskiy.org

Hizbullah vs Israel Makin Panas, Lebanon Tembakkan Roket Balasan Ugal-ugalan

Seorang prajurit Israel melihat melalui bidikan senjatanya, saat ketegangan meningkat antara Lebanon dan Israel di perbatasan utara.
Seorang prajurit Israel melihat melalui bidikan senjatanya, saat ketegangan meningkat antara Lebanon dan Israel di perbatasan utara. /Reuters/Lisi Niesner

PIKIRAN RAKYAT - Hizbullah, Lebanon menembakkan rentetan roket besar-besaran ke Israel, Rabu, 12 Juni 2024. Serangan ini adalah bentuk pembalasan atas tewasnya seorang komandan lapangan senior Hizbullah di tangan Israel Penjajah.

Serangan terbaru menandakan meningkatnya ketegangan dalam konflik di perbatasan Lebanon-Israel secara signifikan.

Hizbullah yang didukung Iran dan Israel telah saling baku tembak sejak meletusnya perang Gaza pada Oktober 2023, dengan terus meningkatkan permusuhan antara keduanya.

Hal ini memicu kekhawatiran di kalangan internasional, atas akan adanya konfrontasi lebih besar antara kedua negara ini, sebab dua-duanya punya pasukan tentara dengan persenjataan lengkap.

Serangan Israel di desa Jouaiyya di Lebanon selatan terjadi tepatnya Selasa malam, 11 Juni 2024. Akibatnya, tiga pejuang Hizbullah bersama komandan lapangan senior, Taleb Abdallah alias Abu Taleb tewas, demikian kata tiga sumber keamanan.

Dia adalah komandan paling senior di Hizbullah yang bertugas untuk wilayah tengah jalur perbatasan selatan. Pemakamannya akan diadakan pada Rabu malam ini. Belum ada komentar langsung dari militer Israel terkait hal ini.

Baca Juga: 6 Warga Tepi Barat Dibunuh Israel Penjajah, IOF Klaim 4 di Aantaranya Anggota Hamas

Dilansir dari Reuters, Hizbullah disebut telah menembakkan lebih dari 100 roket sebagai tanggapan atas kematian Abu Taleb. Seragan kali ini adalah salah satu serangan roket terbesar yang dilakukan kelompok tersebut sejak permusuhan dimulai pada bulan Oktober 2023.

Hizbullah mengumumkan setidaknya empat serangan membalas agenda pembunuhan oleh Israel di Jouaiyya, termasuk satu serangan yang dilakukan oleh pejuang Hizbullah melalui penembakkan peluru kendali ke sebuah pabrik militer Israel.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat