kievskiy.org

Penggantian Kiswah Ka'bah pada 1 Muharram 1446 H, Sedot Perhatian Jemaah Haji

Sejumlah askar menjaga ketat areal tawaf (mathaf), tepat di depan Ka'bah,  Masjidilharam, saat prosesi penggantian kiswah yang menutupi Ka'bah pada Sabtu, 6 Juli 2024 malam Waktu Arab Saudi.* -
Sejumlah askar menjaga ketat areal tawaf (mathaf), tepat di depan Ka'bah, Masjidilharam, saat prosesi penggantian kiswah yang menutupi Ka'bah pada Sabtu, 6 Juli 2024 malam Waktu Arab Saudi.* - MCH 2024

PIKIRAN RAKYAT - Selepas Salat Isya, di lantai 1 Masjidilharam, Sabtu, 6 Juli 2024 malam, para Petugas Penyelenggara Ibadah (PPIH) Arab Saudi yang tergabung dalam Tim Media Center Haji (MCH) 2024 bersama dengan beberapa petugas haji Indonesia lainnya bergegas berjalan memutar menuju pintu 79. Dari sini, tim langsung menuju areal tawaf (mathaf) di lantai dasar.

Tiba di sana, sekitar pukul 21.06 Waktu Arab Saudi (WAS), areal mathaf sudah dipadati jemaah haji. Selain mereka yang ingin melaksanakan thawaf, areal tersebut juga dipenuhi jemaah yang ingin menyaksikan upacara  pergantian kiswah Ka'bah 1 Muharram 1446 Hijriah.

Sejak 1 Muharram 1444 H yang kala itu bertepatan dengan tanggal 30 Juli 2022, Pemerintah Arab Saudi memang melakukan penggantian kiswah Ka'bah setiap awal Muharram. Begitu pula malam ini, jelang pergantian tahun Hijriah.

Sebelumnya, kiswah diganti setiap tanggal 9 Zulhijjah ketika jemaah haji sedang menunaikan wukuf di Arafah. Tradisi ini berubah setelah Raja Salman memerintahkan penggantian kiswah setiap awal Tahun Baru Hijriah. 

Sekitar pukul 22.00 WAS, penjagaan area sekitar Baitullah semakin diperketat. Ratusan personel Pasukan Khusus Haji dan Umrah tampak mulai memasuki areal mathaf.

"Thariq...thariq.. ya Hajj...!!," kalimat ini mulai sering terdengar keluar dari para pasukan khusus tersebut.

Mereka meminta para jemaah haji yang mulai bergerombol sambil memegang ponsel pintarnya untuk segera berjalan. Sementara itu, di hadapan tim MCH juga tampak electric scissor lift atau tangga gunting elektrik naik-turun di sisi-sisi Ka'bah.

Para petugas tampak mulai melonggarkan ikatan-ikatan kain penutup Ka'bah tersebut.
Tautan kain kiswah dari sisi yang satu dengan yang lain pun mulai terlepas. Dinding Ka'bah pun mulai sedikit terekspose. Ribuan mata tak sabar menyaksikan momentum sakral tersebut.

Penjagaan keamanan selama kegiatan penggantian kiswah pun tidak main-main. Tepat dari areal seberang Multazam, ratusan petugas keamaan Masjidilharam berbaris.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat