kievskiy.org

Netty Heryawan Lantik Ketua Dekranasda Kuningan

PELANTIKAN Ketua Dekranasda Kabupaten Kuningan di Pendopo Kabupaten Kuningan, Jumat, 24 Maret 2017. Istri Bupati Kuningan, Ika Acep Purnama sebagai Ketua Dekranasda Kabupaten Kuningan sisa masa jabatan periode 2013 - 2018.*
PELANTIKAN Ketua Dekranasda Kabupaten Kuningan di Pendopo Kabupaten Kuningan, Jumat, 24 Maret 2017. Istri Bupati Kuningan, Ika Acep Purnama sebagai Ketua Dekranasda Kabupaten Kuningan sisa masa jabatan periode 2013 - 2018.*

KETUA Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jawa Barat Netty Heryawan melantik Istri Bupati Kuningan, Ika Acep Purnama sebagai Ketua Dekranasda Kabupaten Kuningan sisa masa jabatan periode 2013 - 2018.

Netty mengutip buku dari John Howkins, How People Made Money From Ideas, saat ini perekonomian bangsa-bangsa di dunia mengalami pergerakan yang luar biasa. Dulu orang bergegas menggarap lahan pertanian lalu ke sektor industri, maju lagi ke informasi dan sekarang ditengarai oleh based knowledge economy salah satunya yang dikembangkan yaitu Industri Kreatif.

Sehingga, Netty menyampaikan catatan dari Kementerian Perindustrian dan Kementerian Koperasi ternyata yang namanya Industri Kerajinan yang dibungkus oleh Industri Kreatif berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi yang cukup signifikan. Industri Kerajinan menjadi soko guru perekonomian bangsa yang seharusnya ditunjang oleh modal Intelektualitas. 

"Boleh jadi disini ada kerajinan kayu dan di daerah lain juga sama, maka bagaimana kayu ini dapat berbeda satu sama lain. Oleh karena itu melalui akal budi dan kreatifitas kayu ini menjadi pembeda yang dilekatkan unsur seni dan budaya," papar Netty pada Pelantikan Ketua Dekranasda Kabupaten Kuningan di Pendopo Kabupaten Kuningan, Jumat, 24 Maret 2017.

Dalam hal ini bagi Dekranasda Kabupaten Kuningan, tutur Netty, bagaimana seorang istri bupati blusukan ke berbagai kecamatan mengidentifikasi dan memetakan potensi lokal yang dapat diadvokasi. Selanjutnya berikan pelatihan yang melibatkan praktisi dan akademisi agar memiliki kualitas yang tinggi. Lalu bantuan akses permodalan, seperti yang pernah dikatakan Gubernur ada program KCR (Kredit Cinta Rakyat) di Bank BJB.

"Terakhir sarana promosi melalui strategi untuk dikenal luas. Walaupun masih memerlukan display dalam setiap pameran tapi tidak ada salahnya untuk menggunakan teknologi dalam promosikan produk unggulan kita," pungkasnya. 

Ika Acep Purnama dilantik sesuai surat keputusan Dekranasda No. 16/SK/Dekranasda/IX/2016. Acep Purnama merupakan Bupati Kuningan definitif sisa masa jabatan 2013 - 2018 yang di lantik oleh Gubernur Jawa Barat di Aula Barat Gedung Sate, Selasa, 14 Juni 2016.

Bupati Kuningan Acep Purnama mengatakan dalam perkembangannya Dekranasda dituntut untuk terus menjalankan, menggali dan melestarikan warisan budaya bangsa. Perannya sangat penting dalam menggerakan sektor ekonomi potensial berbasis masyarakat. Serta merupakan langkah dalam membuka peluang usaha bagi masyarakat dibidang kesenian, kuliner dan kerajian.

Seperti beberapa waktu lalu, ungkap Acep, Sekjen Kementrian Pariwosata Ukus dikatakan bahwa di Kementrian ada replika angkung. Ternyata menurut sejarah dan realita, angklung ini merupakan sebuah alat musik asli produk kuningan diciptakan oleh Daeng Sutikna. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat