kievskiy.org

Ikan Marlin Seberat 250 Kg Hebohkan Warga Parigi

IKAN jenis black marlin seberat sekitar 250 kilogram jadi tontonan warga Parigi, Pangandaran, Senin 11 Juni 2018.*
IKAN jenis black marlin seberat sekitar 250 kilogram jadi tontonan warga Parigi, Pangandaran, Senin 11 Juni 2018.*

PARIGI, (PR).- Ikan marlin seberat sekitar 250 kilogram hasil tangkapan ikan di laut jadi tontonan warga Parigi Pangandaran. Ikan marlin besar itu ditangkap oleh Ehem (47), nelayan asal Bojongsalawe, Desa Karangjaladri, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran saat menangkap ikan di laut.

"Pas ditarik jaringnya kok berat sekali, ternyata saat diangkat ke permukaan ada ikan besar yang nyangkut di jaring," ungkap Ehem saat ditanya, Senin 11 Juni 2018.

Dengan susah payah dan dibantu nelayan lain, akhirnya ikan berukuran besar itu berhasil diangkat dan dibawa ke darat.

Kepala Desa Karangjaladri, Dedi Kurniadi, mengatakan bahwa ikan yang saat ini menjadi ikon Kabupaten Pangandaran sempat jadi tontonan warga dan dijadikan ajang swafoto.

"Berat ikan marlin ada sekitar 250 kilogram dengan taksiran harga jual sekitar Rp 5 jutaan," ujarnya.

Jenis marlin

Di tempat terpisah, Wakil Sekjen Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Pangandaran, Fuad Husen, menjelaskan bahwa ikan marlin memiliki banyak jenisa. 

Dua jenis yang paling umum, kata dia, adalah black marlin dan blue marlin. Khusus ikan blue marlin, selain harganya yang sangat mahal juga untuk mendapatkannya sangat sulit karena harus di kedalaman laut ratusan meter dan hanya ada di Samudera Hindia. Harga ikan blue marlin beberapa kali lipat dari dari black marlin.

"Kalau yang ditangkap oleh nelayan Bojongsalawe itu sejenis ikan black marlin," ujarnya. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat