kievskiy.org

Pesisir Pantura Pasang, Petugas Siaga

PETUGAS BPBD Indramayu bersiaga di Pantai Karangsong, Rabu, 20 Juni 2018. Air pasang dikhawatirkan berdampak terhadap para pengunjung yang tengah berwisata.*
PETUGAS BPBD Indramayu bersiaga di Pantai Karangsong, Rabu, 20 Juni 2018. Air pasang dikhawatirkan berdampak terhadap para pengunjung yang tengah berwisata.*

INDRAMAYU, (PR).- Pesisir pantai utara Indramayu dilanda pasang. Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Indramayu siap siaga di titik lokasi pasang tersebut. Apalagi saat ini masyarakat kebanyakan tengah menghabiskan waktu liburan di wilayah pantai.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Indramayu Edi Kusdiana mengatakan, wilayah mengalami peninggian air laut atau pasang ada di Pantai Glayem, Tirtamaya, dan Karangsong. Kendati pasang dipastikan kondisi di titik lokasi tersebut masih aman terkendali.

Sebagai langkah antisipasi kata Edi, BPBD telah menyiagakan sejumlah petugas di lapangan. Petugas tersebut dilengkapi dengan peralatan kebencanaan untuk menghindari kemungkinan negatif yang ditimbulkan dari air pasang itu.

Perahu karet dan kendaraan operasional juga sudah disiagakan di lokasi. Edi mengatakan, ketinggian air pasang di wilayah tersebut tak sama. Pasalnya setiap jam selalu mengalami peningkatan atau penurunan. “Selalu berubah-ubah,” kata dia, Rabu, 20 Juni 2018.

Selain petugas BPBD, dilibatkan juga petugas Polair dalam menjaga kenyamanan pengunjung saat berwisata di pantai Indramayu. “Petugas masih disiagakan di lokasi pasang,” ungkap dia.

Edi mengatakan, para petugas tersebut akan berjaga hingga surutnya pengunjung di sejumlah pantai wisata.

Padat pengunjung

Agung salah seorang warga Karangsong mengatakan, pasangnya air sudah terjadi semenjak Selasa, 19 Juni 2018 kemarin. Kendati pasang, masih banyak warga yang berlibur di Pantai Karangsong Indramayu.

“Masih padat oleh pengunjung. Sekarang kan masih pada libur,” ujarnya.

Puncak air pasang biasanya akan terjadi pada pukul 18.00. “Kemarin tinggi gelombang mencapai 1,1 meter lebih. Biasanya di bawah 1 meter,” katanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat