kievskiy.org

96 Panwaslu Kuningan Dilantik, Pj Bupati: Harus Adil dalam Pengawasan

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Panwaslu di Aula Hotel Grage Sangkan, Jalan Panawuan-Sangkanhurip, Kecamatan Cigandamekar, Kabupaten Kuningan, Sabtu, 25 Mei 2024.
Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Panwaslu di Aula Hotel Grage Sangkan, Jalan Panawuan-Sangkanhurip, Kecamatan Cigandamekar, Kabupaten Kuningan, Sabtu, 25 Mei 2024. /Pikiran Rakyat/Ajun Mahrudin

PIKIRAN RAKYAT - Sebanyak 96 Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) di Kabupaten Kuningan, dilantik dan diambil sumpah di Aula Hotel Grage Cilimus, Kabupaten Kuningan, Sabtu, 25 Mei 2024. Setelah dinyatakan lulus dalam seleksi Panwaslu Pemilukada serentak, yang akan berlangsung pada 27 November mendatang.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kuningan, Firman mengatakan dari jumlah jumlah tersebut 31 orang di antaranya merupakan Panwaslu baru. Sedangkan yang lainnya Panwaslu yang mengawal Pemilu Presiden/Wakil Presiden, mengikuti dan lulus dalam seleksi Panwaslu Pemilukada.

Terkait hal tersebut, dia berharap Panwaslu baru yang dilantik dan diambil sumpah bisa beradaptasi, menyamakan persepsi dengan Panwaslu lama. Selain itu melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait, termasuk unsur Muspika.

“Saya berharap Panwaslu tanggap dan bertindak cepat terhadap isu-isu dan fenomena yang berkembang,” kata Firman, seperti dilaporkan kontributor Pikiran Rakyat Ajun Mahrudin, Minggu, 26 Mei 2024.

Sementara itu, Penjabat Bupati Kuningan, Iip Hidajat mengharapkan Panwaslu bersikap adil dalam melaksanakan tugas dan fungsi pengawasan. Selain itu melakukan pencegahan setiap potensi yang bisa mengakibatkan pelanggaran.

“Tugas pengawas itu berat, terkait dengan masalah keadilan. Ada yang pro kontra. Jadi saya mengharapkan akan Panwaslu adil dalam melaksanakan tugas sebagai Pengawas Pemilu,” kata Iip.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat