kievskiy.org

Peserta Didik Diterima PPDB Tahap 1 tapi Tidak Daftar Ulang, Apa yang akan Terjadi?

Calon peserta didik mengikuti pendaftaran tahap 1 Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMK Negeri 1 Ciamis, Jawa Barat, Senin, 3 Juni 2024.
Calon peserta didik mengikuti pendaftaran tahap 1 Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMK Negeri 1 Ciamis, Jawa Barat, Senin, 3 Juni 2024. /ANTARA/Adeng Bustomi

PIKIRAN RAKYAT – Daftar ulang PPDB Jawa Barat tahun 2024 digelar mulai hari ini, Kamis, 20 Juni 2024 atau tepat satu hari setelah hasil seleksi tahap 1 diumumkan. Peserta didik yang dinyatakan lulus seleksi tahap 1, bisa daftar ulang secara online dan offline sesuai aturan Dinas Pendidikan. Namun, apa yang terjadi jika peserta didik tidak daftar ulang pada periode tersebut?

Jika tidak daftar ulang atau mengundurkan diri, maka posisi peserta didik yang sudah diterima akan diisi oleh calon peserta didik cadangan. Kebijakan ini ditetapkan agar daya tampung sekolah terpenuhi, sesuai Keputusan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Sesjen Kemendikbudristek) Nomor 47/M/2023 tentang Pedoman atau Juknis PPDB SD SMP SMA SMK Tahun Pelajaran 2024/2025, bagian H nomor 4 tentang Daftar Ulang.

Siapa calon peserta didik cadangan? Calon peserta didik cadangan adalah mereka yang memenuhi persyaratan, tetapi tidak masuk dalam daya tampung sehingga belum mendapat sekolah. Dalam memutuskan kebijakan ini, Dinas Pendidikan memprioritaskan jarak terdekat sekolah dengan domisili calon peserta didik dalam wilayah zonasi yang telah ditetapkan.

“Peserta didik yang diterima pada tahap 1 tetapi tidak diambil, wajib mengundurkan diri saat daftar ulang agar sistem tidak mengunci saat peserta didik akan mendaftar kembali pada tahap 2,” tulis Disdik Jabar.

Dokumen yang Dibawa Saat Daftar Ulang

Daftar ulang PPDB tahap 1 dapat dilakukan secara online melalui WhatsApp dan website sekolah tujuan masing-masing.

Namun, jika ada kendala teknis saat daftar ulang secara online, peserta didik dapat melakukannya secara offline dengan mendatangi sekolah tujuan. Berikut ketentuannya:

  • Menunjukkan bukti pendaftaran asli (cetak/print out dari website PPDB saat pendaftaran online).
  • Menunjukkan bukti tanda diterima (cetak /print out dari website PPDB setelah pengumuman).
  • Membawa fotokopi seluruh dokumen persyaratan yang ditentukan oleh sekolah tujuan.
  • Menunjukkan dokumen persyaratan asli.

Cara Cek Hasil Seleksi

  • Masuk ke situs ppdb.jabarprov.go.id
  • Klik Cek Pendaftar
  • Pilih Cabang Dinas Pendidikan (Cadisdik)
  • Klik Lihat Selengkapnya
  • Isi Nomor Pendaftaran dan klik Cari, atau
  • Klik Hasil Seleksi
  • Website akan menampilkan hasil seleksi tahap 1.

Selain melalui website PPDB, hasil seleksi juga bisa diakses melalui aplikasi Jabar Super Apps, Sapawarga dengan klik ikon pendaftaran yang ada di samping Beranda. Cek status pendaftaran, lalu akan muncul hasil seleksi tahap 1.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat