kievskiy.org

Barongsai Naga Semarakkan Tahun Baru Islam di Pangandaran, Panjang hingga 25 Meter

Para pemuda pemudi RT 05 RW 05 Dusun Karangsalam Desa Pananjung Pangandaran saat melakukan proses pembuatan barongsai naga sepanjang 25 meter untuk pawai ta'aruf.
Para pemuda pemudi RT 05 RW 05 Dusun Karangsalam Desa Pananjung Pangandaran saat melakukan proses pembuatan barongsai naga sepanjang 25 meter untuk pawai ta'aruf. /Pikiran Rakyat/Agus Kusnadi

PIKIRAN RAKYAT - Sudah menjadi agenda rutin setiap menyambut Tahun Baru Islam yang jatuh pada 1 Muharam Hijriyah, pemuda-pemudi di Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran Jawa Barat membuat kreasi untuk menyemarakan malam pergantian tahun tersebut.

Seperti halnya yang dilakukan pemuda-pemudi RT 05 RW 05 Dusun Karangsalam, Desa Pananjung yang mengatasnamakan dari Pemuda SEREMB (Senang Rembugan) DKM Sabilil Hikmah, berinisiatif membuat kreasi barongsai naga yang memiliki panjang hingga 25 meter.

Ketua Rukun Tetangga (RT) 05 RW 05 Dusun Karangsalam, Desa Pananjung Eko Juniantoro mengatakan bahwa barongsai naga mulai dibuat oleh para pemuda sejak mendapatkan informasi dari panitia Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriyah, atau 7 hari sebelum pelaksanaan pawai ta'aruf.

Panjang 25 meter

Eko mengatakan bahwa barongsai naga bercorak kuning emas sepanjang 25 meter itu terbuat dari bahan bambu untuk kerangka, karung, kertas bekas karung semen, lem, cat dan lampu tali serta bahan pendukung lainnya.

"Berkat kerja sama para pemuda dan pemudi, barongsai naga ini bisa selesai tepat waktu dan dapat ditampilkan saat pawai ta'aruf," kata Eko pada Minggu 7 Juli 2024.

Untuk mengangkat barongsai naga sepanjang 25 meter dan memiliki berat sekira 50 kilogram itu harus digotong oleh sebanyak 16 orang yang memiliki peran masing-masing agar barongsai naga tersebut bisa bergerak seperti layaknya ular untuk memukau para warga maupun wisatawan yang menyaksikan pawai ta'aruf.

Menurutnya, barongsai naga tersebut pernah ditampilkan pada saat pawai ta'aruf Tahun baru Islam 1445 Hijriyah serta pawai sebelum dan sesudah pelaksanaan upacara peringatan Hari Kemerdekaan RI 1945 pada 17 Agustus 2023 kemarin.

"Kemungkinan barongsai naga ini juga akan ditampilkan untuk menghibur masyarakat yang menghadiri dan menyaksikan jalannya kegiatan Hari Kemerdekaan RI yang dilaksanakan 17 Agustus. Tentunya dengan kreasi yang berbeda," ujarnya, seraya dirinya menambahkan, barongsai naga tersebut juga dijadikan sebagai objek swafoto oleh warga.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat