kievskiy.org

Sidang Putusan Pegi Setiawan: Bebas atau Bersalah? Nasib Tersangka Kasus Vina Cirebon Ditentukan Hari Ini

Petugas Kepolisian menggiring tersangka kasus pembunuhan Pegi Setiawan untuk dihadirkan pada konferensi pers yang digelar di Gedung Ditreskrimum Polda Jabar, Bandung, Jawa Barat pada Minggu, 26 Mei 2024.
Petugas Kepolisian menggiring tersangka kasus pembunuhan Pegi Setiawan untuk dihadirkan pada konferensi pers yang digelar di Gedung Ditreskrimum Polda Jabar, Bandung, Jawa Barat pada Minggu, 26 Mei 2024. /Antara/Raisan Al Farisi

PIKIRAN RAKYAT - Pengadilan Negeri Bandung akan menentukan nasib Pegi Setiawan dalam sidang putusan praperadilan yang sangat dinantikan hari ini Senin, 8 Juli 2024.

Sidang tersebut menentukan apakah status Pegi sebagai tersangka dalam kasus pembunuhan Vina dan Eky di Cirebon tahun 2016 akan dipertahankan atau tidak.

Tim kuasa hukum Pegi Setiawan, yang mewakili pemohon, akan berhadapan dengan pihak termohon, yaitu Polda Jabar. Sidang praperadilan dengan nomor perkara 10/Pid.Pra/2024/PN Bdg akan dipimpin oleh Hakim Tunggal Eman Sulaeman.

Rangkaian sidang praperadilan sebelumnya telah berlangsung selama 5 hari pada pekan lalu, dengan sidang terakhir menandai penyerahan kesimpulan dari kedua belah pihak. Kuasa hukum Pegi Setiawan menegaskan bahwa penetapan sebagai tersangka merupakan sebuah kesalahan identitas.

Keputusan sidang ini akan memutuskan apakah Pegi Setiawan akan terbebas atau tetap sebagai tersangka dalam kasus yang telah mengemuka selama beberapa tahun ini. Menunggu hasil sidang menjadi momen krusial bagi semua pihak yang terlibat dalam peristiwa tragis ini.

Tim Hukum Polda Jabar Menegaskan Penolakan Terhadap Gugatan Pegi Setiawan

Tim Hukum Polda Jawa Barat menolak semua dalil gugatan selama sidang praperadilan yang diajukan oleh tim kuasa hukum Pegi Setiawan selaku pemohon.

Kabid Hukum Polda Jabar Kombes Pol. Nurhadi Handayani mengungkapkan bahwa penolakan terhadap gugatan tersebut dijelaskan dalam kesimpulan 12 halaman yang telah diserahkan kepada majelis hakim di Pengadilan Negeri Bandung pada Jumat.

"Semua dalil yang diajukan oleh pemohon telah kami telaah secara seksama dan kami tolak. Kesimpulan kami dituangkan dalam 12 halaman, singkat namun jelas," kata Kombes Pol. Nurhadi, seperti dilaporkan Antara pada Jumat, 5 Juli 2024.

Kombes Pol. Nurhadi menegaskan bahwa penetapan Pegi Setiawan sebagai tersangka oleh penyidik telah melalui prosedur hukum yang tepat dan menghadapi serangkaian gelar perkara dengan kehadiran pihak-pihak terkait di internal kepolisian.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat