kievskiy.org

Pegi Setiawan Dibebaskan Hari Ini, Hakim: Status Tersangkanya Tidak Sah

Spanduk dukungan untuk Pegi Setiawan di PN Bandung pada Senin, 1 Juli 2024.
Spanduk dukungan untuk Pegi Setiawan di PN Bandung pada Senin, 1 Juli 2024. /Antara/Rubby Jovan

PIKIRAN RAKYAT - Hakim Tunggal Eman Sulaeman di Pengadilan Negeri Bandung mengeluarkan putusan bahwa Pegi Setiawan dinyatakan bebas dari tuduhan sebagai tersangka dalam kasus yang sedang disidangkan.

"Menimbang bahwa oleh fakta di persidangan tidak ditemukan bukti satupun bahwa pemohon dalam penyidikan yang dilakukan termohon pernah dilakukan pemeriksaan sebagai tersangka sebelum diperiksa sebagai calon tersangka, maka menurut hakim penetapan tersangka atas termohon harus dinyatakan tidak sah dan batal secara hukum," kata Hakim Tunggal Eman Sulaeman di Pengadilan Negeri Bandung, Senin, 8 Juli 2024.

"Dengan demikian petitum dalam praperadilan pemohon secara hukum dapat dikabulkan seluruhnya," ujarnya.

Hakim juga memerintahkan kepada pihak yang bersangkutan untuk melepaskan Pegi Setiawan dari tahanan.

"Memerintahkan kepada termohon untuk melepaskan pemohon dari tahanan, intinya permohonan dari pemohon dikabulkan," katanya.

Sidang Putusan Pegi Setiawan Digelar Senin 8 Juli 2024

Pengadilan Negeri Bandung akan menentukan nasib Pegi Setiawan dalam sidang putusan praperadilan yang sangat dinantikan hari ini Senin, 8 Juli 2024.

Sidang tersebut menentukan apakah status Pegi sebagai tersangka dalam kasus pembunuhan Vina dan Eky di Cirebon tahun 2016 akan dipertahankan atau tidak.

Tim kuasa hukum Pegi Setiawan, yang mewakili pemohon, akan berhadapan dengan pihak termohon, yaitu Polda Jabar. Sidang praperadilan dengan nomor perkara 10/Pid.Pra/2024/PN Bdg akan dipimpin oleh Hakim Tunggal Eman Sulaeman.

Rangkaian sidang praperadilan sebelumnya telah berlangsung selama 5 hari pada pekan lalu, dengan sidang terakhir menandai penyerahan kesimpulan dari kedua belah pihak. Kuasa hukum Pegi Setiawan menegaskan bahwa penetapan sebagai tersangka merupakan sebuah kesalahan identitas.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat