kievskiy.org

PN Bandung Kabulkan Praperadilan Pegi Setiawan, Komnas HAM Lanjutkan Penyelidikan Kasus Vina Cirebon

Polda Jabar berhasil menangkap Pegi Setiawan alias perong atas dugaan kasus pembunuhan Vina Dewi Arsita dan Muhammad Rizky yang terjadi di Cirebon pada tahun 2016 silam.
Polda Jabar berhasil menangkap Pegi Setiawan alias perong atas dugaan kasus pembunuhan Vina Dewi Arsita dan Muhammad Rizky yang terjadi di Cirebon pada tahun 2016 silam. /Antara/Raisan Al Farisi

PIKIRAN RAKYAT - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia Republik Indonesia angkat bicara terkait dengan putusan praperadilan Pengadilan Negeri Bandung yang mengabulkan permohonan Pegi Setiawan dalam kasus Vina Cirebon. Komnas HAM memastikan pengusutan kasus itu tetap berlanjut.

"Komnas HAM akan tetap melanjutkan dan menyelesaikan pemantauan dan penyelidikan dalam kasus Vina dan Eky di Cirebon," kata Uli Parulian Sihombing, Koordinator Subkomisi Penegakan Komnas HAM RI di Kantor Komnas HAM, Jakarta, Senin, 8 Juli 2024. Ia juga menyatakan, lembaganya menghormati putusan PN Bandung tersebut.

Sebelumnya, Komisi Nasional Hak Asasi Manusia meminta keterangan Polda Jawa Barat melalui surat Nomor 380/PM.00/K/V/2024 tertanggal 20 Mei 2024 untuk memastikan penegakan hukum atas kasus penghilangan nyawa Vina dan Eky di Cirebon.

Komnas HAM meminta keterangan Polda mengenai perkembangan pencarian tiga orang yang telah ditetapkan sebagai Daftar Pencarian Orang (DPO) serta tindak lanjut dan proses hukum terhadap mereka. Upaya tersebut juga dilakukan untuk memastikan pelindungan dan pemenuhan hak atas keadilan dan kepastian hukum terhadap keluarga korban.

"Sementara itu, untuk proses penegakan hukum yang telah berjalan, Komnas HAM menghormati putusan Mahkamah Agung, Pengadilan Tinggi Jawa Barat, dan Pengadilan Negeri Bandung." Demikian keterangan Uli Parulian Sihombing dalam keterangan pers Komnas HAM Nomor: 24/HM.00/V/2024 pada Selasa, 21 Mei 2024.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat