kievskiy.org

Apakah Hewan Kurban Masuk Surga? Ini Penjelasannya

Ilustrasi sapi kurban.
Ilustrasi sapi kurban. /Pixabay

PIKIRAN RAKYAT - Apakah hewan kurban masuk surga? Sejumlah ulama meyakini bahwa hewan tidak masuk surga karena tidak memiliki ruh dan akal layaknya manusia. Selain itu, tidak ada penghisaban untuk hewan. Namun, hewan yang dikurbankan kelak akan mendatangkan pahala dan berkah bagi orang yang berkurban atau disebut shohibul qurban.

Meski tidak akan masuk surga maupun neraka, hewan kurban akan menjadi pemberat amal kebaikan bagi shohibul qurban.

Sementara dalam kitab Misykatul Anwar karya Imam al-Ghazali melalui riwayat Muqatil dan dinukil dalam Sirah Badi'uzzaman Said an-Nursi, disebutkan bahwa ada 10 hewan yang akan masuk surga. Salah satunya adalah kambing yang menggantikan Nabi Ismail AS saat disembelih oleh Nabi Ibrahim AS.

Berikut 10 hewan yang masuk surga berdasarkan riwayat tersebut:

  1. Buraq tunggangan Nabi Muhammad
  2. Unta Nabi Shaleh
  3. Anak sapi Nabi Ibrahim
  4. Kambing Nabi Ismail
  5. Semut Nabi Sulaiman
  6. Ikan yang menelan Nabi Yunus
  7. Keledai Nabi Uzair
  8. Burung hud-hud Ratu Bilqis
  9. Anjing Ashabul Kahfi
  10. Sapi betina Bani Israil

Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa hanya hewan kurban Nabi Ismail dan Nabi Ibrahim saja yang akan masuk surga. Namun, tidak berarti hewan yang dikurbankan oleh umat muslim tidak berarti apa-apa. Hewan tersebut akan menjadi pemberat timbangan kebaikan bagi umat muslim di akhirat kelak.

Ciri Hewan Kurban yang Sehat

Saat berkurban, umat Islam dianjurkan memilih hewan yang sehat dan memenuhi syarat sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW. Berikut adalah ciri-ciri hewan kurban sehat yang dianjurkan oleh Rasul:

  • Jenis hewan yang diperbolehkan

Hewan boleh dikurbankan adalah kambing, domba, sapi, kerbau, dan unta. Dalam sejumlah hadis disebutkan bahwa Rasulullah dan para sahabat berkurban dengan hewan-hewan tersebut.

  • Usia hewan kurban

Usia hewan kurban menjadi salah satu syarat penting. Ketentuannya yakni, kambing dan domba minimal berusia 1 tahun atau telah berganti gigi, sapi dan kerbau minimal berusia 2 tahun, dan unta minimal berusia 5 tahun.

  • Kondisi fisik yang sehat

Hewan kurban harus dalam kondisi fisik yang sehat. Ciri fisik hewan kurban yang sehat antara lain tidak cacat, hewan tidak boleh buta, pincang, sakit parah, atau kurus kering. Hewan juga tidak boleh memiliki telinga atau tanduk yang patah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat