kievskiy.org

Doa Awal Tahun 1446 Hijriah Beserta Waktu Membacanya, Dibaca Setelah Salat Maghrib

Simak tata cara membaca doa awal tahun 1446 Hijriah dan akhir tahun 1445 Hijriah beserta waktu membaca. Selengkapnya di sini.
Simak tata cara membaca doa awal tahun 1446 Hijriah dan akhir tahun 1445 Hijriah beserta waktu membaca. Selengkapnya di sini. /pexels/pok rie

PIKIRAN RAKYAT – Membaca doa awal tahun Hijriah menjadi salah satu amalan yang memiliki pahala besar. Di bulan pertama dalam kalender Islam, Muharram, umat Muslim merayakan momen penting dengan berbagai tradisi keagamaan, di antaranya adalah membaca doa awal tahun baru Islam.

Muharram memiliki makna yang mendalam dalam Islam sebagai salah satu dari empat bulan haram yang dihormati dan dimuliakan. Allah SWT berfirman dalam Al-Quran, "Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah ialah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram." (QS. At-Taubah: 36)

Salah satu keutamaan yang signifikan dari Bulan Muharram adalah sebagai awal tahun baru dalam kalender Hijriyah. Umat Islam menyambutnya dengan kegiatan-kegiatan ibadah, termasuk puasa Asyura pada tanggal 10 Muharram. Puasa ini memiliki keutamaan besar dalam menghapuskan dosa-dosa setahun yang lalu.

Selain itu, Muharram juga dianggap sebagai bulan haram, yang berarti setiap amal ibadah yang dilakukan di bulan ini akan dilipatgandakan pahalanya. Tradisi membaca doa awal tahun baru Islam merupakan salah satu cara untuk memperkuat ikatan spiritual dengan Allah SWT dan memulai tahun Hijriyah dengan penuh keberkahan.

Doa Awal Tahun Hijriah Beserta Waktu Membacanya

Doa awal tahun baru Islam, yang dianjurkan dibaca setelah salat Magrib, mengandung serangkaian permohonan kepada Allah SWT untuk mendapatkan perlindungan dari godaan setan dan nafsu yang jahat. Doa ini menyampaikan pengharapan agar aktivitas sehari-hari selalu mendekatkan diri pada rahmat-Nya.

Berikut ini teks lengkap doa awal tahun baru Islam 1 Muharram:

اَللّٰهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهٰذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِهِ، وَالعَوْنَ عَلَى هٰذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ

"Allâhumma antal abadiyyul qadîmul awwal. Wa 'alâ fadhlikal 'azhîmi wa karîmi jûdikal mu'awwal. Hâdzâ 'âmun jadîdun qad aqbal. As'alukal 'ishmata fîhi minas syaithâni wa auliyâ'ih, wal 'auna 'alâ hâdzihin nafsil ammârati bis sû'I, wal isytighâla bimâ yuqarribunî ilaika zulfâ, yâ dzal jalâli wal ikrâm."

Artinya: "Ya Allah, Engkau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Engkau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para walinya di tahun ini. Aku pun mengharap pertolongan-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada-Mu, aku memohon bimbingan agar aktivitas keseharian mendekatkanku pada rahmat-Mu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan."

Doa Akhir Tahun Hijriah Beserta Waktu Membacanya

Sementara itu, doa akhir tahun baru Islam, yang disarankan dibaca setelah salat Ashar atau sebelum memasuki waktu salat Magrib, adalah ungkapan permohonan ampunan atas segala dosa dan kesalahan yang dilakukan selama tahun yang berlalu. Doa ini mencerminkan penyesalan atas perbuatan yang tidak sesuai dengan kehendak Allah SWT dan harapan untuk menerima rahmat-Nya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat