kievskiy.org

11 Weton Tulang Wangi Apa Saja? Simak Mitos yang Dikaitkan dengan Malam 1 Suro

Weton Tulang Wangi, juga dikenal sebagai Balung Kuning, adalah jenis weton yang dianggap memiliki daya tarik kuat terhadap hal-hal gaib.
Weton Tulang Wangi, juga dikenal sebagai Balung Kuning, adalah jenis weton yang dianggap memiliki daya tarik kuat terhadap hal-hal gaib. /Pixabay/Ann_Milovidova

PIKIRAN RAKYAT – Malam 1 suro sering dikaitkan dengan weton tulang wangi. Weton Tulang Wangi sudah tidak asing bagi masyarakat Jawa. Weton ini dianggap istimewa karena diyakini memiliki daya tarik khusus, terutama dalam hal-hal gaib. Tapi, apa saja hari lahir yang termasuk dalam Weton Tulang Wangi dan apa saja ciri-cirinya?

Weton Tulang Wangi, juga dikenal sebagai Balung Kuning, adalah jenis weton tertentu yang dianggap memiliki daya tarik kuat terhadap hal-hal gaib. Pemilik Weton Tulang Wangi dipercaya memiliki aura atau daya spiritual yang tinggi, membuat mereka lebih ‘wangi’ atau menarik bagi makhluk tak kasat mata.

Pemilik Weton Tulang Wangi diyakini lebih peka terhadap hal-hal gaib. Meski tidak semua pemilik weton ini memiliki sensitivitas tinggi, orang yang lahir pada Minggu Kliwon dikenal memiliki indera keenam yang kuat.

Orang dengan weton ini cenderung memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi dan berwibawa. Mereka bijaksana, pekerja keras, dan bertanggung jawab. Contoh pemilik weton ini adalah mereka yang lahir pada Selasa Legi, Sabtu Wage, dan Rabu Kliwon.

Di malam 1 Suro, pemilik weton tulang wangi harus lebih mawas diri terhadap berbagai hal yang bisa mendatangkan malapetaka. Pasalnya, pemilik weton ini dinilai memiliki aroma dan aura yang khas yang dapat mengundang berbagai jenis lelembut. Berdoa dan berserah diri kepada Yang Maha Kuasa menjadi salah satu hal yang bisa dilakukan oleh pemilik weton ini.

Untuk diketahui, weton adalah hari lahir seseorang yang didasarkan pada kalender Jawa. Kalender Jawa terdiri dari dua siklus, yaitu Saptawara (siklus tujuh hari: Senin-Minggu) dan Pancawara (siklus lima hari: Kliwon, Legi, Pahing, Pon, Wage). Kombinasi dari kedua siklus ini menghasilkan weton seperti Senin Kliwon, Selasa Legi, Jumat Kliwon, dan lain-lain.

Hari Lahir yang Termasuk Weton Tulang Wangi

Berikut adalah daftar hari lahir yang tergolong dalam Weton Tulang Wangi:

  1. Senin Kliwon
  2. Senin Wage
  3. Senin Pahing
  4. Selasa Legi
  5. Rabu Pahing
  6. Rabu Kliwon
  7. Kamis Wage
  8. Sabtu Wage
  9. Sabtu Legi
  10. Minggu Pon
  11. Minggu Kliwon

Weton Tulang Wangi merupakan bagian penting dari budaya Jawa yang kaya akan makna dan kepercayaan. Meskipun keyakinan ini tidak selalu memiliki dasar ilmiah, banyak orang Jawa yang masih menghormati dan mengikuti tradisi ini sebagai bagian dari warisan budaya mereka.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat