kievskiy.org

Hukum Puasa Sebulan Penuh di Bulan Muharam, Bolehkah?

Ilustrasi -  Simak di bawah ini untuk mengetahui bagaimana hukum puasa satu bulan penuh di Bulan Muharam yang mulia.
Ilustrasi - Simak di bawah ini untuk mengetahui bagaimana hukum puasa satu bulan penuh di Bulan Muharam yang mulia. /Freepik.com

 


PIKIRAN RAKYAT - Bulan Muharam merupakan salah satu bulan mulia di mana setiap amalan yang dikerjakan di komen ini akan mendapat keutamaan dari Allah SWT.

Misalnya melaksanakan amalan ibadah puasa sunnah di Bulan Muharam yang disebutkan bisa menghapus dosa-dosa satu tahun sebelumnya.

Ada beberapa hari yang dianjurkan untuk melaksanakan puasa sunnah di Bulan Muharam. Namun bagaimana jika Kita ingin melaksanakan puasa sebulan full di bulan ini?

Simak di bawah ini untuk mengetahui bagaimana hukum puasa satu bulan penuh di Bulan Muharam.

Baca Juga: 3 Keutamaan Bulan Muharam, Salah Watu Amalannya Bisa Hapus Semua Dosa Satu Tahun Lalu

Hukum puasa sebulan penuh di Bulan Muharam

Orang yang mengerjakan puasa di bulan Muharram terutama di hari ke-10 (disebut sebagai puasa Asyura) disebut bisa dihapuskan dosa-dosa di tahun sebelumnya hingga mendapat pahala yang melimpah dari Allah SWT.

Meski begitu, merekanyang mengerjakan puasa Asyura juga harus disertai dengan sikap ikhlas dan niat baik, serta tak mengulangi dosa yang sebelumnya dilakukan agar ibadah tersebut bisa lebih maksimal.

Lalu bolehkah puasa sebulan penuh di Bulan Muharram? 

Dalam hal ini, tidak ada ulama yang melarang puasa sunnah sebulan penuh di Bulan Muharram karena memang di momen ini, Umat Islam dianjurkan menjalankan amalan-amalan yang baik.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat