kievskiy.org

Kapan Puasa Tasua dan Asyura di Bulan Muharam Dilaksanakan?

Ilustrasi - Simaklah berikut ini niat serta jadwal puasa Tasua dan puasa Asyura di Bulan Muharam yang penuh keistimewaan.
Ilustrasi - Simaklah berikut ini niat serta jadwal puasa Tasua dan puasa Asyura di Bulan Muharam yang penuh keistimewaan. pexel

PIKIRAN RAKYAT - Ibadah puasa di Bulan Muharam menjadi salah satu ibadah yang akan mendapatkan keutamaan yang paling istimewa dari Allah SWT.

Ada dua puasa yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan di Bulan Muharam, yakni puasa Tasua dan juga puasa Asyura.

Pasalnya, puasa Tasua dan Asyura di Bulan Muharam ini bisa mendatangkan pahala yang melinpah hingga orang yang mengerjakannya bisa dihapuskan dosa satu tahun sebelumnya.

Lalu kapan puasa Tasua dan Asyura ini dilaksanakan pada Bulan Muharam? Simak penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga: Hukum Puasa Sebulan Penuh di Bulan Muharam, Bolehkah?

Hadist soal anjuran puasa Tasua dan Asyura

Rasulullah SAW menyampaikan hadist terkait dengan anjuran melaksanakan puasa di Bulan Muharam. 

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللهِ الْمُحَرَّمُ، وَأَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعدَ الفَرِيضَةِ صَلاَةُ اللَّيْلِ. (رواه مسلم)

Artinya: “Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, ia berkata: ‘Rasulullah saw bersabda: ‘Puasa yang paling utama setelah Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah, Muharram, dan shalat yang paling utama setelah shalat fardhu adalah shalat malam.” (HR Muslim).

Baca Juga: 3 Keutamaan Bulan Muharam, Salah Watu Amalannya Bisa Hapus Semua Dosa Satu Tahun Lalu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat