kievskiy.org

Doa Mohon Agar Diampuni Dosa, Bacalah Sebelum Tidur Seperti Rasulullah SAW

Ilustrasi Doa.
Ilustrasi Doa. /Pixabay/andsproject

PIKIRAN RAKYAT - Doa sebelum tidur merupakan waktu yang tepat untuk merenungkan perbuatan dan memohon kepada Tuhan untuk diampuni atas segala kesalahan yang telah dilakukan dalam sepanjang hari. Dalam banyak agama, doa semacam ini dianggap sebagai cara untuk membersihkan hati dan menguatkan hubungan dengan Tuhan sebelum memasuki dunia mimpi.

Nabi Muhammad SAW mengajarkan kepada umatnya untuk membaca doa sebelum tidur. Amalan ini tidak hanya merupakan bentuk ibadah, tetapi juga sebagai sarana untuk mengikat hubungan spiritual dengan Tuhan.

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, dari Abu Hurairah ra, Rasulullah saw bersabda:

"Jika seseorang di antara kalian mendatangi tempat pembaringannya, maka hendaknya di mengibas-ibaskan tempat tidurnya dengan kainnya, karena tidak tidak tahu, apa yang terjadi sepeninggalannya tadi, lalu ucapkan:

"Bismika Rabbi wadha ‘tu janbi wa bika arfa’ uh in amsakta nafsii far hamha, wa in arsaltaha, fah fazhha, bima tahfazhu bihi’ ibaadakas shaalihiin'."

Menurut Imam Bukhari, jika di malam itu kita mati, saat membaca doa sebelum tidur, maka kita akan mati di atas fitrah, dan jadikanlah doa ini yang terakhir kau ucapkan, dan jika kau bisa bangun pada pagi harinya, dan kita akan mendapatkan pahala.

Kenapa Harus Berdoa Sebelum Tidur?

Doa merupakan salah satu bentuk komunikasi spiritual yang penting dalam kehidupan sehari-hari umat beragama. Salah satu doa yang sering diamalkan adalah doa untuk memohon ampunan atas dosa sebelum tidur. Tindakan ini tidak hanya mencerminkan rasa penyesalan, tetapi juga merupakan upaya untuk membersihkan diri sebelum memasuki waktu istirahat.

Doa sebelum tidur merupakan waktu yang tepat untuk merenungkan perbuatan dan memohon kepada Tuhan untuk diampuni atas segala kesalahan yang telah dilakukan dalam sepanjang hari. Dalam banyak agama, doa semacam ini dianggap sebagai cara untuk membersihkan hati dan menguatkan hubungan dengan Tuhan sebelum memasuki dunia mimpi.

Bagaimana Cara Melakukan Doa Ini dengan Benar

  1. Niat yang Tulus: Mulailah dengan niat yang tulus untuk memohon ampunan dan berusaha untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama di masa depan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat