kievskiy.org

Kitabisa.com Berhasil Kumpulkan Donasi Hingga Rp 176 miliar

BANDUNG, (PR).- Penggalangan dana untuk tujuan sosial masih akan diminati sampai beberapa tahun ke depan. Kitabisa.com sebagai penyedia platform penggalangan dana secara online menjadi pilihan bagi donatur untuk menyalurkan bantuannya kepada yang membutuhkan.

Marketing & Partenrship Manager Kitabisa.com Siti Desiree Nashifa mengatakan, sampai saat ini telah berhasil mengumpulkan donasi sekitar Rp 176 miliar untuk mendanai sekitar 7.453 kampanye. Dana yang terkumpul berasal dari lebih dari 480.000 donatur.

"Kampanye tujuan sosial ini yang paling banyak. Kalau dari kultur masyarakat kita, mereka ini senang berbagi untuk sesuatu yang bermanfaat," kata Desiree yang biasa dipanggil Cile ini saat berkunjung ke Redaksi Pikiran Rakyat, Kamis, 23 November 2017.

Ia mengatakan, bentuk-bentuk kampanye penggalangan dana melalui Kitabisa.com sebenarnya cukup beragam. Kampanye sosial seperti bantuan pengobatan, santunan kemalangan, dana pendidikan, dan pembangunan fasilitas umum merupakan salah satu jenis kampanye yang banyak dibuat. Kampanye lain misalnya pengumpulan dana untuk bantuan modal usaha, atau berbagai inisiatif lainnya. Kini juga sudah banyak selebriti yang merayakan ulang tahunnya dengan menggalang dana untuk tujuan sosial.

Transparansi donasi

Semua penggalangan dana melalui Kitabisa.com harus dilakukan secara online. Mulai dari pembuatan kampanye, pemberian donasi, hingga pencairan donasi, semua harus dilakukan secara online. "Kami sebagai open platform, proses online ini demi transparansi," ujarnya.

Jika pihak penggagas penggalangan dana tidak terpapar teknologi internet disarankan untuk dibantu oleh keluarga atau kerabat. Meski begitu tak perlu khawatir juga, sebab Kitabisa.com menyediakan konsultan kampanye untuk mengoptimalkan penggalangan dana yang dibuat. Penggalangan dana ini tak hanya terbuka bagi perorangan, tetapi juga komunitas dan lembaga.

"Bobotoh salah satu komunitas suporter yang solid dan aktif dalam kegiatan penggalangan dana. Sudah dua kali bobotoh menggalang dana lewat Kitabisa.com," tuturnya.

Pihak penggagas penggalangan dana wajib membagi informasi terbaru terkait dana yang didapat, target yang dicapai, hingga seberapa banyak yang sudah disalurkan. Dengan begitu para donatur bisa mengetahui perkembangan kampanye yang didukungnya.

Kitabisa.com sendiri akan memastikan validitas penggalangan dana. Salah satunya melalui pengumpulan dokumen yang diperlukan untuk menilai validitas penggalangan dana itu. Dengan begitu donatur tak perlu khawatir saat menyalurkan dananya.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat