kievskiy.org

Kemenkeu Kucurkan Uang Daya Tahan Tubuh untuk ASN, Netizen: Gimana dengan Masyarakat Biasa?

Ilustrasi. ASN
Ilustrasi. ASN Pikiran Rakyat/Tommi Andryandy

PIKIRAN RAKYAT - Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani Indrawati menandatangani Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 49 Tahun 2023 Tentang Standar Biaya Masukan Tahun Anggaran 2024. Diketahui, peraturan itu diteken pada 28 April 2023, dan telah dirilis pada 3 Mei 2023, lalu.

Salahsatu pembahasan dalam peraturan tersebut adalah soal biaya makanan penambah daya tahan tubuh bagi Aparatur Sipil Negara (ASN). Biaya tersebut ditujukan untuk pengadaan makanan dan minuman yang bergizi.

“Satuan biaya makanan penambah daya tahan tubuh merupakan satuan biaya yang digunakan untuk kebutuhan biaya pengadaan makanan/minuman bergizi yang dapat menambah/meningkatkan/ mempertahankan daya tahan tubuh Pegawai Aparatur Sipil Negara yang diberi tugas melaksanakan pekerjaan tugas dan fungsi kantor yang dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan pegawai dimaksud,” kata keterangan dalam lampiran aturan tersebut, dikutip pada Sabtu, 13 Mei 2023.

Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan tersebut, setiap provinsi memiliki satuan biaya makanan penambah daya tahan tubuh yang berbeda-beda bagi para ASN-nya, dengan kisaran mulai dari Rp18.000 hingga Rp25.000 per orang, per hari.

Baca Juga: Prediksi Skor Timnas Indonesia vs Vietnam di SEA Games 2023: Preview, Statistik, Head to Head, dan Line-up

Netizen Geram

Menanggapi hal tersebut, banyak netizen yang geram dan tak setuju dengan peraturan tersebut.

"Maaf Ga Setuju, Lebih Baik untuk kepentingan lain.. contoh dluar jawa masih banyak sekolah2 yg tidak menunjang, fasilitas kesehatan.. itu dl Bu," ujar netizen.

"Lebih baik untuk para guru-guru saja/ golongan rendah, misalnya golongan 2 dan 3.," ujar netizen.

"Saya PNS tapi TAK SETUJU .... Lbh baik gunakan anggaran itu untuk pengentasan kemiskinan dan kurang gizi. Mhn maaf ya Bu Menkeu," ujar netizen.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat