kievskiy.org

Sandiaga Uno Jadi Kader, Pengamat Ungkap Langkah Politik PPP

Ilustrasi politik.
Ilustrasi politik. /Pixabay/Wokandapix

PIKIRAN RAKYAT - Sandiaga Uno resmi menjadi kader Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Plt Ketua Umum PPP menyerahkan langsung Kartu Tanda Anggota (KTA) kepada Sandiaga di Kantor DPP PPP, Menteng, Jakarta Pusat pada Rabu, 14 Juni 2023.

Pengamat politik dari Universitas Andalas (Unand) Sumatra Barat Prof Asrinaldi menyakini langkah Mardiono menjadikan Sandiaga Uno sebagai kader PPP berkaitan dengan kontestasi politik.

Menurutnya, saat ini PPP tengah berupaya menyiapkan langkah politik untuk mengusung Sandiaga Uno sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) pendamping Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

"Kalau saya memproyeksikan ujungnya adalah pencalonan Sandiaga sebagai bakal calon wakil Presiden Ganjar Pranowo," kata Asrinaldi sebagaimana dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara pada Kamis, 15 Juni 2023.

Baca Juga: Senioritas Kebablasan, Taruna Sekolah Pelayaran di Semarang Diduga Jadi Korban Kekerasan

Indikasi soal niatan PPP mengusung Sandiaga sebagai cawapres, kata Asrinaldi, terlihat dari sikap politik PPP yang menjadi partai politik (parpol) pertama pendukung capres dari PDIP, Ganjar Pranowo.

Bahkan, lanjut dia, PPP di bawah kepemimpinan Mardiono rutin melakukan komunikasi politik dengan PDIP. Menurutnya, Sandiaga juga masih mempunyai tempat strategis apabila tidak diduetkan dengan Ganjar Pranowo di kontestasi elektoral 2024.

Akan tetapi, Asrinaldi meyakini bahwa Sandiaga telah memenuhi variabel yang kuat untuk dipasangkan dengan Ganjar Pranowo. Adapun variabel itu antara lain terkait dengan elektabilitas Sandiaga.

Selain itu, Sandiaga juga dinilai telah berpengalaman di pemerintahan. Pada kontestasi politik, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tersebut berhasil memenangi Pilkada DKI Jakarta saat berpasangan dengan Anies Baswedan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat