kievskiy.org

Kurangi Polusi, Mobil Patroli Polisi Bakal Diganti Mobil Listrik

ILUSTRASI - Mobil patroli polisi akan segera diganti menjadi mobil listrik
ILUSTRASI - Mobil patroli polisi akan segera diganti menjadi mobil listrik /Mochammad Iqbal Maulud Pikiran Rakyat

PIKIRAN RAKYAT - Dalam waktu dekat, mobil patroli polisi akan segera diganti sepenuhnya. Rencananya, seluruh mobil patroli akan gunakan mobil listrik.

Hal ini disampaikan langsung oleh Kakorlantas Polri, Irjen Pol Firman Shantyabudi. Menurutnya, mobil polisi menggunakan mobil listrik bisa jadi salah satu kurangi polusi.

Ia berkaca dari kesuksesan digelarnya acara KTT G20 dan KTT ASEAN. Semua mobil polisi yang bertugas menggunakan mobil listrik.

"Kita juga akan merencanakan nanti kendaraan staf kita memakai mobil listrik ini. Tapi nanti tergantung anggaran yang akan tersedia berapa. Tapi yang pasti dukungan terhadap udara yang bersih, go green, yang selama ini kita harus mulai dari pemerintah," ucap Kakorlantas pada Senin 11 September 2023.

Baca Juga: Cak Imin Intensif Jalin Komunikasi Politik, Berupaya Dekati PKS

Diketahui, pejabat pemerintahan, termasuk kepolisian, memang diarahkan menggunakan kendaraan listrik sebagai kendaraan operasional. Baca Juga Memahami Perbedaan Mobil Listrik dan Mobil Hybrid Memahami Perbedaan Mobil Listrik dan Mobil Hybrid.

“Betul, jadi selaku bagian dari pemerintah, imbauan-imbauan dari bapak pimpinan kemarin sudah dijelaskan dari forum-forum kita, selain konversi kendaraan-kendaraan berbahan bakar fosil ke listrik,” ucap Firman.

Firman menyatakan usulan tersebut sudah ia sampaikan ke pemerintah. Tapi menurutnya kebijakan penggantian mobil patroli jadi mobil listrik masih dalam pembahasan.

Baca Juga: Anwar Usman soal 'Diskusi' Batas Usia Capres-Cawapres di Unissula: Jangan Dikaitkan Dulu

"Kita sudah mulai menggunakan (kendaraan) listrik. Selain kemarin kita mendapat bantuan dari Setneg pada G20, tapi untuk pengadaan pengadaan ke depan kita sudah mulai mengombinasikan pengadaan yang berbahan bakar biasa dan listrik,” terangnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat