kievskiy.org

Prabowo Pamerkan Rekonsiliasi dengan Eks Panglima GAM: Kejadian Langka Sejarah Dunia

Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto.
Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto. /Antara/Galih Pradipta

PIKIRAN RAKYAT - Prabowo Subianto memamerkan rekonsiliasinya dengan eks panglima Gerakan Aceh Merdeka (GAM) Muzakir Manaf (Mualem).

Menurutnya, rekonsiliasi ini menjasi momen langka yang tak terbayangkan sebelumnya. Sebab, kedua pihak sangat berseberangan pada masa lalu.

"Ini saya kira suatu kejadian yang langka di sejarah dunia. Saya mantan Panglima Kostrad, Jenderal Kopassus, sementara Muzakir Manaf mantan Panglima Aceh, kok kita bisa bersatu? Ini yang di luar pemikiran banyak orang," ujar Prabowo saat menghadiri silaturahmi dengan ulama dan tokoh di Banda Aceh, Selasa, 26 Desember 2023.

Dalam pertemuan tersebut, Prabowo menegaskan bahwa persatuan adalah bagian terpenting di Indonesia.

Menteri Pertahanan itu menyebut bahwa hubungan emosional antara dirinya dengan Aceh sudah berlangsung sejak lama. Sebab sang ayah, Soemitro Djojohadikoesoemo adalah perintis Fakultas Ekonomi Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh.

"Orangtua saya, Prof Soemitro dari awal sangat dekat dengan tokoh-tokoh Aceh dan sempat menjadi dosen terbang. Beliau sangat bangga, selalu cerita kepada kami terbang ke Aceh dan memberi kuliah," katanya.

Perjuangan Soemitro, kata Prabowo, berlanjut saat ia bersama rakyat Aceh saling mendukung pada masa-masa sulit, salah satunya ketika terjadinya pergolakan tahun 1950-an.

"Sesudah itu pun hubungan emosional saya tidak berhenti, karena saya juga terus menerus berhubungan baik. Puncaknya adalah bahwa saya bisa bersatu dengan tokoh-tokoh dari Partai Aceh," ujar Prabowo.

Minta Maaf ke Warga Aceh

Prabowo Subianto juga sempat meminta maaf kepada rakyat Aceh. Sebab, kunjungan kali ini menjadi yang pertama kalinya sejak kalah dalam Pilpres 2019.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat