kievskiy.org

Menpan RB: ASN yang Pindah ke IKN Dapat 1 Apartemen Gratis

Suasana pembangunan Kompleks Istana Kepresidenan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis, 2 November 2023.
Suasana pembangunan Kompleks Istana Kepresidenan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis, 2 November 2023. /Antara/Hafidz Mubarak A

PIKIRAN RAKYAT - Menteri Pendayaguaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas mengimingi para aparatur sipil negara (ASN) yang mau pindah ke Ibu Kota Nusantara (IKN). Disebutkan mereka yang mau pindah akan mendapatkan 1 apartemen.

Hal ini dikatakan oleh Azwar Anas saat menjelaskan skema pemindahan ASN ke IKN. Menurutnya, ASN akan masuk secara bertahap ke IKN mulai 2024.

Untuk menampung para ASN, sudah tersedia 47 tower atau menara apartemen dibangun di IKN. Ini akan menjadi sarana menampung para ASN dan menjamin ketersediaan hunian bagi mereka.

"Pegawai ASN yang dipindah pada tahap pertama akan diberikan tunjangan khusus. Jadi ada tunjangan khusus bagi ASN yang pindah pionir," kata Azwar Anas dalam konfrensi pers di Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika beberapa waktu lalu.

Azwar melanjutkan, berdasarkan informasi dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, setiap menara di apartemen memiliki 60 unit hunian. Setiap hunian memiliki luas 98 meter persegi.

"Jadi yang pindah tahun pertama ini akan mendapatkan fasilitas, menurut teman-teman ini menaranya bagus, terus gede. Bayangkan ini 98 meter persegi, ini sangat luas," tuturnya lagi.

Kemudian ia melanjutkan, dari 47 menara apartemen yang disiapkan tersebut, khusus untuk ASN disiapkan 29 menara. Sedangkan untuk TNI Polri ada 18 menara.

Menpan RB Abdullah Azwar Anas
Menpan RB Abdullah Azwar Anas

Lalu, dari sebanyak 2.820 unit yang tersedia di IKN, ada 1.740 unit tersedia untuk ASN. Lalu 1.080 unit tersedia untuk TNI dan Polri.

Khusus untuk menara bagi ASN, menurutnya pada Juli 2024 ini ditargetkan ada sebanyak 8 menara yang rampung. Kemudian pada Agustus bertambah 14 menara dan pada November bertambah 7 menara ,sehingga totalnya berjumlah 29 menara untuk ASN.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat