kievskiy.org

Zulhas Sebut Hubungan Jokowi dan Prabowo Sangat Dekat, Singgung Soekarno hingga Gus Dur

Presiden RI Jokowi dan Presiden terpilih Prabowo Subianto.
Presiden RI Jokowi dan Presiden terpilih Prabowo Subianto. /Biro Pers Setpres/Muchlis Jr

PIKIRAN RAKYAT - Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) mengungkapkan hubungan terkini antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan presiden terpilih Prabowo Subianto. Ia mengatakan bahwa Jokowi merupakan sosok mentor untuk Prabowo Subianto, keduanya pun tampak harmonis.

"Pak Prabowo malah dimentori sama Pak Jokowi, sekarang hubungannya dekat sekali, harmonis. Itu menunjukkan kematangan kita berdemokrasi dan kita meyakini kalau rukun kita bisa jadi negara maju," katanya, dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara pada Sabtu, 11 Mei 2024. 

Melihat kondisi hubungan Jokowi dan Prabowo Subianto, Zulkifli Hasan pun mengaku kagum. Menurutnya, keharmonisan itu menunjukkan adanya kematangan pemimpin Indonesia dalam berdemokrasi.

"Kita sekarang jadi negara yang disegani, dihormati, dan yang paling penting Beliau (Jokowi) memberikan teladan dalam bidang politik. Itu yang menjadikan inspirasi bagi kita semuanya," ujarnya.

Zulhas Singgung Presiden Terdahulu

Zulkifli Hasan menilai peralihan kepemimpinan Jokowi ke Prabowo Subianto berjalan dengan baik, dibandingkan dengan apa yang pernah dialami oleh presiden-presiden terdahulu.

Ia pun menyinggung sejumlah nama Presiden Indonesia, mulai dari Soekarno hingga Abdurrahman Wahid.

"Dulu Bung Karno turun kayak-nya kok masalah, Pak Harto masalah, Gus Dur juga. Karena proses politik belum waktunya turun, sudah diminta turun oleh rakyat. Giliran Pak Jokowi, Pak Prabowo diajak, saya diajak," ucapnya.

Zulhas Kenang Masa Lalu

Zulkifli Hasan turut mengenang masa lalu saat partainya diajak untuk gabung ke kabinet Jokowi. Padahal, ketika itu, partainya menjadi pendukung Prabowo Subianto selama Pilpres 2014 dan 2019.

Ajakan tersebut membuat Zulkifli Hasan merasa kagum dengan kepemimpinan Jokowi.

"Saya dulu dengan Pak Prabowo kan tarung, tapi kita kalah, nggak musuhan, malah diajak tuh," tuturnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat