kievskiy.org

Libur Panjang Waisak 2024, Diprediksi Nyaris 800 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jabodetabek

Gerbang Tol Cikampek Utama 2.
Gerbang Tol Cikampek Utama 2. /Jasa Marga

PIKIRAN RAKYAT - PT Jasa Marga (Persero) memperkirakan ada lonjakan arus kendaraan yang tinggalkan Jabodetabek pada saat hari libur Waisak 2024. Pasalnya, libur Waisak ini merupakan long weekend.

Hari libur Waisak ini jatuh pada 23 Mei 2024. Satu hari setelahnya diberikan cuti bersama 24 Mei 2024 yang berlanjut pada weekend 25-26 Mei 2024. Jadi total, akan ada 4 hari libur saat long weekend.

Terkait hal ini, Jasa Marga memprediksi nyaris 800 ribu kendaraan meninggalkan Jabdetabek. Angka ni merupakan kumulatif dari arus lalu lintas (lalin) di empat Gerbang Tol (GT) Utama, yaitu GT Cikupa (ke arah Merak), GT Ciawi (ke arah Puncak), dan GT Cikampek Utama (ke arah Trans Jawa) dan GT Kalihurip Utama (ke arah Bandung).

Total volume kendaraan yang meninggalkan Jabodetabek diprediksi naik 6 persen dibandingkan saat normal yakni 736.459 kendaraan.

Distribusi Lalu Lintas

Untuk distribusinya, kendaraan yang meninggalkan daerah Jabodetabek ini kebanyakan menuju arah Jawa dan Bandung. Sebanyak 345.834 kendaraan (44,3%) menuju arah Timur (Trans Jawa dan Bandung), 237.373 kendaraan (30,4%) menuju arah Barat (Merak), dan 197.472 kendaraan (25,3%) menuju arah Selatan (Puncak).

Dalam keterangannya, Marketing & Communication Department Head Jasa Marga Faiza Riani menjelaskan, proyeksi puncak lalu lintas tertinggi meninggalkan Jabotabek akan terjadi pada hari Rabu, 22 Mei 2024 hari ini. Dipercaya sebanyak 169.321 kendaraan akan meninggalkan Jabodetabek, naik 21,9 persen dari lalin normal.

"Dengan melihat peningkatan volume kendaraan yang akan meninggalkan wilayah Jabotabek tersebut, Jasa Marga memastikan kesiapan layanan operasi jalan tol Jasa Marga Group berjalan dengan optimal. Terutama di ruas jalan tol yang berpotensi menjadi destinasi wisata favorit pengguna jalan saat libur panjang di antaranya Jalan Tol Jagorawi untuk kearah Puncak dan sekitarnya, serta Jakarta-Cikampek dan Cipularang untuk yang menuju arah Trans Jawa dan Bandung,” ujar Faiza dalam keterangan resmi Rabu 22 Mei 2024.

Jasa Marga memastikan siap untuk kawal masyarakat berlibur di tengah libur panjang Waisak 2024 ini. Mereka akan menambah jumlah gardu yang berfungsi serta mobile reader untuk percepat akses keluar-masuk tol.

Tidak hanya di gerbang tol, potensi terjadinya kepadatan di lajur pun diantisipasi dengan penempatan petugas di titik-titik rawan kepadatan untuk mempercepat penanganan gangguan kendaraan di lajur serta mengatur lalu lintas. Jasa Marga juga siap mendukung rekayasa lalu lintas atas diskresi Kepolisian, seperti Contra flow, dengan menempatkan petugas dan rambu-rambu pendukung.

Jasa Marga juga menyiapkan fasilitas pendukung seperti rest area untuk antisipasi kepadatan masyarakat di tengah libur panjang ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat