kievskiy.org

Harun Masiku Akan Tertangkap Seminggu Lagi, Alexander Marwata: Mudah-mudahan

Buronan KPK, Harun Masiku.
Buronan KPK, Harun Masiku. /Dok. KPK

PIKIRAN RAKYAT - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Alexander Marwata, mengaku tidak mengetahui di mana keberadaan Harun Masiku. Padahal, sebelumnya, dia bilang penyidik sudah mendeteksi lokasi Harun Masiku dan penyuap mantan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan tersebut bakal tertangkap dalam waktu sepekan.

“Saya bilang semoga atau mudah-mudahan (Harun Masiku satu minggu tertangkap),” kata Alexander Marwata kepada wartawan, Rabu, 12 Juni 2024.

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata.
Wakil Ketua KPK Alexander Marwata.

Alex mengklarifikasi bahwa ucapannya soal Harun Masiku akan tertangkap dalam waktu satu pekan adalah harapan, bukan kepastian. Sebab, hingga kini, dia tidak tahu tempat persembunyian Harun Masiku. Dia juga tidak mengetahui apakah ada pihak tertentu yang sengaja menyembunyikan mantan caleg PDI Perjuangan (PDIP) tersebut atau tidak.

“Keberadaan HM (Harun Masiku) di mana, saya enggak tahu. Di manapun HM sembunyi atau disembunyikan, mudah-mudahan dapat segera ditangkap,” tutur Alex.

Setelah menyebut Harun Masiku akan tertangkap dalam waktu satu minggu, Alex kini mengimbau agar buronan itu lebih baik menyerahkan diri ke KPK. Harun Masiku sudah buron sekira 4 tahun dan masuk ke dalam Daftar Pencarian Orang (DPO). “Lebih baik lagi kalau yang bersangkutan (Harun Masiku) menyerahkan diri,” ujar Alex.

Alex bilang posisi Harun Masiku terdeteksi

ebelumnya, Alex menyebut penyidik sudah mendeteksi keberadaan Harun Masiku. Dengan demikian, tidak lama lagi buronan kasus dugaan suap tersebur akan berhasil ditangkap. "Saya pikir sudah penyidik (tahu indikasi lokasi Harun Masiku)“ kata Alexander Marwata kepada wartawan di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 11 Juni 2024.

Alex berharap penyidik dapat menangkap Harun Masiku dalam waktu dekat. Menurutnya, Harun Masiku akan bisa ditangkap dalam waktu satu pekan. "Mudah-mudahan saja dalam satu minggu ketangkep. Mudah-mudahan," kata Alex.

Lebih lanjut Alex menanggapi soal pemeriksaan terhadap Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, pada Senin, 10 Juni 2024, kemarin. Dia menegaskan, pemeriksaan terhadap politikus PDIP itu tidak ada kaitannya dengan agenda politik. Selain itu, kata dia, tidak ada intervensi dari pihak lain kepada pimpinan KPK terkait pemeriksaan Hasto.

Alex menyebut, pemeriksaan Hasto adalah hal yang wajar dalam proses penyidikan kasus korupsi di KPK. Menurutnya, pemeriksaan kepada saksi-saksi termasuk Hasto dapat dilakukan untuk mengklarifikasi informasi baru soal keberadaan Harun Masiku.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat