kievskiy.org

Heboh Peserta Rekrutmen Bersama BUMN 2024 Kecewa Tak Lolos Seleksi, Singgung 'Orang Titipan'

Rekrutmen Bersama BUMN 2024.
Rekrutmen Bersama BUMN 2024. /Kementerian BUMN

PIKIRAN RAKYAT - Peserta Rekrutmen Bersama BUMN 2024 merasa kecewa dengan hasil tes online tahap 2 yang baru saja diumumkan pada Minggu, 16 Juni 2024. Pasalnya, banyak dari mereka yang punya nilai tinggi, tapi tak lolos ke tahap seleksi berikutnya. 

Salah satu yang merasakannya adalah pemilik akun X @ditaaaaarang. Ia mengaku menjadi peserta dengan peringkat pertama saat tes online tahap 1. Nilainya di tes online tahap 2 pun memuaskan. 

Namun, langkahnya justru harus berhenti di tengah jalan. Hal ini membuatnya terheran.

“Sangat mengejutkan dan membingungkan ketika saya menerima pengumuman bahwa saya tidak lolos tes kedua karena alasan tidak memenuhi syarat dan kriteria, tanpa adanya penjelasan mengenai peringkat atau alasan pasti di balik keputusan tersebut,” katanya, dikutip pada Selasa, 18 Juni 2024. 

Ia pun meminta BUMN untuk memberikan penjelasan secara transparan terkait hal itu.

“Sebagai peserta yang telah menginvestasikan banyak waktu dan usaha dalam proses seleksi ini, saya merasa berhak untuk mendapatkan penjelasan yang lebih transparan mengenai evaluasi dan penentuan kriteria yang digunakan. Informasi tersebut sangat penting bagi saya untuk memahami,” ujarnya. 

Netizen Geruduk Akun FHCI BUMN

Banyak netizen yang resah dan menggeruduk akun Instagram @fhci.bumn. Mereka tak hanya meminta penjelasan, tapi juga mengkritik proses seleksi Rekrutmen Bersama BUMN 2024 tersebut. 

“Tidak lolos karena alasan tidak memenuhi kriteria dan persyaratan kan gak masuk akal. Jutaan orang yang daftar BUMN ini pastinya juga berpendidikan semua dan pasti melihat kriteria dan persyaratan. Mereka pasti sudah menyiapkan yang sesuai,” ucap A***.

“Jangan cuma bilang Anda tidak lulus, kita gapapa gak lulus, tapi yang penting tau peringkat berapa, nilai total berapa, alasan gak lulusnya jelas kenapa,” tutur G**.

“Karena komen sebelumnya dihapus admin, sini kumpul lagi yang tes 1 peringkatnya tinggi, tes 2 di atas passing grade, tapi notifnya merah (tidak lolos),” kata B***.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat