kievskiy.org

Ketua Banggar DPR Pastikan Anggaran Program Makan Bergizi Gratis Rp71 Triliun Masih Aman

Ilustrasi anggaran.
Ilustrasi anggaran. /Pixabay/stevepb

PIKIRAN RAKYAT - Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI, Said Abdullah menilai alokasi anggaran sebesar Rp71 triliun pada program Makan Bergizi Gratis oleh presiden terpilih Prabowo Subianto masih terjaga dari defisit.

"Masih terjaga defisit kita," kata Said di DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa, 25 Juni 2024.

"Kalau defisitnya hitungan saya, maksimal pemerintahan awal perhitungan saya akan disampaikan oleh Bapak Presiden rangenya 2,29-2,5 persen lah," ujarnya menambahkan.

Said pun mengungkapkan pernyataan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati yang memastikan jika alokasi anggaran program Makan Bergizi Gratis sudah disiapkan dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2025 sesuai keinginan Banggar DPR.

"Karena apa, karena isu yang berkembang semakin dahsyat seakan-akan di 2025 itu langsung Rp430 triliun, itu menurut hemat saya, saya yakin Bapak Prabowo pun akan menghitung secara cermat tentang fiskal kita," tuturnya.

Said mengatakan, Banggar DPR telah rampung membahas bahwa pemerintah ke depan bisa leluasa dalam menggunakan anggaran sesuai dengan visi misinya. Sehingga di APBN 2025 nanti di dalam nota keuangan pengantar Presiden pada 16 Agustus 2024, Rp71 triliun tersebut sudah masuk di dalam belanja pusat.

"Persoalannya tinggal kementerian mana apakah Kemensos, apakah Kementerian Pendidikan, atau Kementerian Kesehatan, itu kewenangan pemerintah," ucapnya.

APBN Tetap Aman

Sri Mulyani memastikan APBN tetap aman meski ada program makan bergizi gratis yang dicanangkan presiden terpilih Prabowo Subianto. Dalam pelaksanaannya akan dilakukan secara bertahap.

"Kami telah berkomunikasi dengan presiden terpilih Bapak Prabowo dan timnya dan ini untuk memberikan clarity (kejelasan) mengenai bagaimana makanan bergizi gratis akan fit dalam RAPBN 2025. Presiden terpilih Bapak Prabowo telah menyampaikan bahwa beliau menyetujui bahwa pelaksanaan program makan bergizi gratis dilaksanakan secara bertahap," kata Sri Mulyani dalam konferensi pers di Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak, Jakarta Selatan, Senin, 24 Juni 2024 kemarin.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat