kievskiy.org

PSI Jakpus Usul 6 Nama Pilgub DKI Jakarta, Siapa Saja?

Ilustrasi Pilkada 2024.
Ilustrasi Pilkada 2024. /Pikiran Rakyat/Fian Afandi

PIKIRAN RAKYAT - Sidang pleno yang digelar Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Jakarta Pusat menetapkan enam nama yang diusulkan sebagai calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta dalam Pilkada serentak 2024.

Ketua DPD PSI Jakarta Pusat, Hervin Afriansya mengatakan bahwa penyelenggaraan sidang pleno merupakan bentuk komitmen partai dalam memberikan pilihan terbaik bagi warga Jakarta yang akan memilih kepala daerah berikutnya.

Enam nama yang diusulkan DPD PSI Jakarta Pusat yaitu Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, eks Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Kemudian Menparekraf Sandiaga Uno, politisi Fajar Sidik, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi. Ketua DPD PSI Jakarta Pusat Hervin Afriansya mengatakan bahwa pihaknya melibatkan berbagai elemen masyarakat khususnya di Jakarta Pusat dan mendengarkan aspirasi dalam memastikan calon yang direkomendasikan adalah yang terbaik dan paling sesuai untuk memimpin Jakarta.

Kendati, usulan dari DPD nantinya tetap akan diserahkan ke tingkat Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) dan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) untuk evaluasi lebih lanjut.

"Proses seleksi ini sangat penting untuk memastikan bahwa PSI Jakarta dapat mengusung calon-calon yang memiliki integritas, kompetensi, dan visi yang jelas untuk memajukan Jakarta," kata Hervin dalam keteragannya, Minggu, 7 Juli 2024.

Hervin menuturkan calon gubernur yang direkomendasikan harus memenuhi kriteria yang telah ditetapkan oleh partainya yaitu memiliki integritas, kompetensi, dan rekam jejak yang baik.

"Kami mencari pemimpin yang tidak hanya mampu mengelola kota ini dengan baik, tetapi juga memiliki keberpihakan pada rakyat dan komitmen terhadap pembangunan manusia Jakarta," kata Harvin.

Sejumlah daerah, termasuk Provinsi Jakarta akan menyelenggarakan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024. Untuk pendaftaran pasangan calon baru akan diselenggarakan pada 27 Agustus mendatang.

Tahapan penyelenggaraan pilkada

Berikut tahap penyelenggaraan pilkada serentak

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat