kievskiy.org

Sandiaga Uno Dilirik PKB untuk Jabar, PSI untuk Jakarta

Menparekraf Sandiaga Uno.
Menparekraf Sandiaga Uno. /Antara/Sigid Kurniawan

PIKIRAN RAKYAT - Nama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dilirik sejumlah partai untuk mengikuti penjaringan bakal calon kepala daerah di Pilkada serentak 2024. Terbaru, DPD PSI Jakarta Pusat mengusulkan kader PPP di Pilkada DKI Jakarta.

Dalam sidang pleno yang digelar Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Jakarta Pusat menetapkan enam nama calon gubernur dan wakil gubernur.

Keenam nama tersebut antara lain Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, eks Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Menparekraf Sandiaga Uno, politisi Fajar Sidik, Ketua DPRD DKI Jakarta Praestyo Edi Marsudi.

Ketua DPD PSI Jakarta Pusat, Hervin Afriansya mengatakan bahwa pihaknya melibatkan berbagai elemen masyarakat khususnya di Jakarta Pusat sekaligus mendengarkan aspirasi untuk memastikan calon yang diusulkan sesuai untuk memimpin Jakarta lima tahun mendatang.

"Kami mencari pemimpin yang tidak hanya mampu mengelola kota ini dengan baik, tetapi juga memiliki keberpihakan pada rakyat dan komitmen terhadap pembangunan manusia Jakarta," kata Hervin.

Hervin menuturkan selanjutnya usulan nama dari rapat pleno akan diserahkan ke tingkat DPW PSI Jakarta untuk dilakukan proses evaluasi lebih lanjut oleh DPW dan DPP sebelum menentukan calon gubernur dan wakil gubernur yang akan diusung oleh PSI.

PKB Jajaki Sandiaga di Pilgub Jabar

Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid mengungkap partainya mempertimbangkan mengusung Sandiaga Uno di Pilkada Jawa Barat (Jabar) setelah mendengar adanya aspirasi dari kader dan masyarakat di provinsi tersebut.

"Ada aspirasi juga seperti dari sebagian masyarakat Jawa Barat dan juga kader PKB untuk mengajak Pak Sandiaga Uno menjadi calon gubernur Jawa Barat," kata Jazilul di Kantor DPP PKB, Jakarta pada Selasa, 2 Juli 2024.

Sandiaga akan bersaing dengan kader internal PKB seperti Cucun Ahmad Syamsurijal, Syaiful Huda yang diusulkan bisa maju di Pilkada Jabar 2024. Di sisi lain, Jazilul mengungkap alasan mempertimbangkan nama Sandiaga Uno karena ibu dari Sandiaga berasal dari Jabar. Selain itu, Sandi diklaim cukup populer dan dinilai cukup gesit dibanding calon lainnya.

Saat ditanya apakah sudah ada komunikasi dengan Sandiaga mau pun PPP, Jazilul mengatakan bahwa semua itu masih penjajakan. "Itu penjajakan awal banget. Baru semacam aspirasi yang muncul dari Jabar. Ini perlu dicek apakah Pak Sandiaga mau atau tidak. Konon, katanya mau," kata Jazilul.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat