kievskiy.org

11 Program Pemerintah Pakai Singkatan Nyeleneh: Siska Ku Intip, Mas Dedi Memang Jantan, dan Jebol Ya Mas

Ilustrasi program pemerintah berbasis web atau aplikasi.
Ilustrasi program pemerintah berbasis web atau aplikasi. /PIXABAY/picjam PIXABAY/picjam

PIKIRAN RAKYAT - Pemerintah Indonesia punya berbagai program dengan berbagai tujuan demi kesejahteraan masyarakat. Setiap program disusun berdasarkan kebutuhan masyarakat. 

Masing-masing program pun punya nama tersendiri. Namun, ada beberapa program Pemerintah Indonesia yang punya nama atau singkatan nama nyeleneh dan menjadi viral di kalangan netizen.

Berikut daftar program pemerintah yang namanya nyeleneh;

SiPEPEK

Berdasarkan penjelasan dalam situs Diskominfo Kabupaten Cirebon, SiPEPEK merupakan sistem pelayanan program penanggulangan kemiskinan dan jaminan kesehatan warga kurang mampu di Kabupaten Cirebon.

Menurut Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Cirebon, Indra Fitriani, SiPEPEK adalah inovasi untuk memudahkan pelayanan administrasi sekaligus wujud dari implementasi reformasi birokasi.

“Kartu pepek ini kami wujudkan melalui aplikasi SiPEPEK. Kami berusaha memberikan pelayanan bagi masyarakat yang tidak mampu. Untuk memastikan layanan yang komprehensif dan mudah diakses,” katanya, dikutip pada Minggu, 7 Juli 2024.

Lantas, mengapa dinamai dengan 'pepek'? Fitri menjelaskan bahwa SiPEPEK memiliki kepanjangan Sistem Informasi Administrasi bagi Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial.

Sementara, dalam bahasa Cirebon, 'pepek' memiliki arti lengkap atau semuanya ada. 

“Nama SiPEPEK sendiri adalah wujud kecintaan kami terhadap bahasa daerah Cirebon. Di mana 'pepek' dalam bahasa Cirebon berarti lengkap atau semuanya ada,” ujarnya.

“Kami memahami, bahwa kata 'pepek' mungkin memiliki konotasi yang berbeda di wilayah lain. Namun, dalam konteks ini, kami ingin menegaskan bahwa nama ini dipilih dengan niat baik dan penuh makna positif bagi masyarakat Cirebon,” ucapnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat