kievskiy.org

Elektabilitas Raffi Ahmad di Pilkada Jateng Lebih Unggul dari Kaesang, Digadang-gadang Jadi Calon Terkuat

Artis Raffi Ahmad.
Artis Raffi Ahmad. /Instagram/@raffinagita1717

PIKIRAN RAKYAT - Presenter atau artis Raffi Ahmad digadang-gadang sebagai calon terkuat untuk maju di Pemilihan Kepala Daerah Jawa Tengah (Pilkada Jateng) 2024. Hal itu terlihat dalam survei Indikator yang dirilis pada Minggu 7 Juli 2024.

Pada simulasi semi terbuka enam nama kandidat Calon Gubernur (Cagub) Jateng dengan alasan warga memilih calon, nama suami Nagita Salavina itu mampu mengungguli jauh nama-nama lainnya.

Raffi Ahmad meraup perolehan poin sebesar 46,3 persen, mengungguli Kaesang Pangarep 25,2 persen, Kapolda Jateng, Ahmad Lutfi 23,3 persen, Dico Ganinduto 22,7 persen, Yasien Maimoen 9,8 persen dan Bambang Wuryanto (Pacul) 5,8 persen.

"Pilihannya (warga Jateng) ke beberapa nama teratas paling banyak memilih Raffi Ahmad ya, jadi pemilih Raffi ini karena belum tahu nama lain," kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi.

Sama seperti Raffi Ahmad, nama Kaesang Pangarep juga unggul sebanyak 25,2 persen dikarenakan warga Jateng tidak terlalu mengenal nama tokoh yang berpeluang maju di Pilgub Jateng.

Bahkan Burhanuddin menuturkan, kuatnya pemilih Kaesang di Jateng juga dikarenakan bapaknya Presiden Joko Widodo alias Jokowi.

"Jadi artinya tanpa mengurangi rasa hormat untuk mas Kaesang sebagai ketua umum PSI ya dan sudah masuk dalam karir politik beberapa waktu terakhir tetapi masyarakat memilih Kaesang tidak jauh asosiasinya dengan bapaknya," ucapnya.

"Jadi ini menunjukkan sekali lagi faktor Jokowi menjelaskan sangat kuat mengapa Kaesang sementara ini unggul di Jateng," katanya.

Duet Dico Ganinduto dan Raffi

Raffi Ahmad diisukan akan maju di Pilkada Jawa Tengah bersama Dico M Ganinduto selaku Bupati Kendal, Jawa Tengah.

Kabar itu ramai diperbincangkan setelah beredarnya video dan foto-foto yang menampilkan Raffi dengan Dico tengah melalukan sesi pemotretan. Dalam foto-foto itu, Raffi dan Dico tampak mengenakan kemeja lengan panjang berwarna putih, yang dipadukan dengan celana hitam dan peci hitam.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat