kievskiy.org

Roundup: Gempa Magnitudo 4,4 Guncang Batang Jateng, Sejumlah Rumah dan Fasilitas Publik Rusak

Rumah yang rusak akibat gempa magnitudo 4,4 di Batang, Jawa Tengah pada Minggu, 7 Juli 2024.
Rumah yang rusak akibat gempa magnitudo 4,4 di Batang, Jawa Tengah pada Minggu, 7 Juli 2024. /Antara//Harviyan Perdana Putra

PIKIRAN RAKYAT - Kabupaten Batang, Jawa Tengah diguncang gempa pada Minggu, 7 Juli 2024 sore. Menurut catatan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut memiliki kekuatan magnitudo 4,4.

“#Gempa (UPDATE) Mag:4.4, 07-Jul-24 14:35:24 WIB, Lok:6.87 LS, 109.75 BT (Pusat gempa berada di darat 5 km timur laut Batang), Kedlmn:6 Km,” kata keterangan dalam akun X @infoBMKG, Minggu, 7 Juli 2024.

Getaran gempa tak hanya dirasakan oleh wilayah Batang saja, melainkan juga beberapa wilayah lain di Jawa Tengah.

“Dirasakan (MMI) III Batang, III Pekalongan, II Kendal #BMKG,” ujar BMKG.

Jumlah Rumah Rusak

Dikutip dari situs resmi Pemkab Batang, Kapolres Batang AKBP Nur Cahyo Ari Prasetyo mengatakan bahwa gempa tersebut menimbulkan kerusakan di berbagai lokasi.

“Gempa yang terjadi tersebut menyebabkan kerusakan di berbagai lokasi di Kabupaten Batang, meliputi Kecamatan Batang, Kecamatan Warungasem, dan Kecamatan Wonotunggal,” ucapnya.

Menurut Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari, setidaknya ada delapan rumah yang rusak akibat gempa tersebut, dengan rincian, tiga rusak berat, dan lima lainnya rusak ringan.

Reruntuhan dari rumah yang rusak itu pun menyebabkan empat orang mengalami luka-luka dan kini sudah ditangani BNPB.

"Berdasarkan hasil kaji cepat tim gabungan di lapangan didapati setidaknya delapan keluarga terdampak oleh guncangan gempa bumi ini," tuturnya, dikutip dari Antara.

Akibat hal itu, BNPB pun menyiapkan tempat pengungsian sementara untuk para korban terdampak.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat