kievskiy.org

130.000 Lebih Jemaah Haji Tiba di Tanah Air, PPIH Ingatkan Jemaah di Madinah Utamakan Ziarah Raudah

Kepala Seksi (Kasi) Kesehatan Daerah Kerja (Daker) Madinah, Karmijono, saat berbincang dengan jemaah haji yang dirawat di Klinik Kesehaatan Haji Indonesia (KKHI), Madinah, Sabtu, 29 Juni 2024, Waktu Arab Saudi (WAS).* -
Kepala Seksi (Kasi) Kesehatan Daerah Kerja (Daker) Madinah, Karmijono, saat berbincang dengan jemaah haji yang dirawat di Klinik Kesehaatan Haji Indonesia (KKHI), Madinah, Sabtu, 29 Juni 2024, Waktu Arab Saudi (WAS).* - MCH

PIKIRAN RAKYAT - Operasional pemulangan jemaah haji ke Tanah Air masih terus berlangsung. Hingga 9 Juli 2024, pukul 21.00 Waktu Arab Saudi (WAS), jemaah haji dan petugas yang telah diterbangkan ke Tanah Air berjumlah 130.209 orang. Mereka tergabung dalam 332 kelompok terbang (kloter).

Hari ini, Rabu, 10 Juli 2024, terdapat 16 kloter, dengan jumlah jemaah haji sebanyak 6.330 orang. Mereka telah dan akan diterbangkan ke Tanah Air, dengan rincian sebagai berikut.
1) Debarkasi Balikpapan (BPN) sebahyak 324 jemaah/1 kloter.
2) Debarkasi Batam (BTH) sebanyak 450 jemaah/1 kloter.
3) Debarkasi Aceh (BTJ sebanyak 393 jemaah/1 kloter.
4) Debarkasi Jakarta Pondok Gede (JKG) sebanyak 786 jemaah/2 kloter.
5) Debarkasi Jakarta Bekasi (JKS) sebanyak 880 jemaah/2 kloter.
6) Debarkasi Padang (PDG) sebanyak 393 jemaah/1 kloter.
7) Debarkasi Palembang (PLM) sebanyak 450 jemaah/1 kloter.
8) Debarkasi Solo (SOC) sebanyak 720 jemaah/2 kloter.
9) Debarkasi Surabaya (SUB) sebanyak 1.484 jemaah/4 kloter.
10) Debarkasi Makassar (UPG) sebanyak 450 jemaah/1 kloter.

Utamakan ke Raudah

Anggota Media Center Kementerian Agama (Kemenag), Widi Dwinanda mengatakan, Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi kembali mengingatkan jemaah haji agar lebih mengutamakan ziarah ke Raudah sebelum melakukan ziarah ke lokasi ziarah lainnya yang ada di Kota Madinah.

“Jadwal sesuai tasrih yang telah diberikan Kementerian Haji dan Umrah Saudi tidak bisa diulang waktunya. Kalau sudah terlewat, jemaah tidak punya kesempatan lagi,” ujar Widi dalam keterangan resmi Kemenag, di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta, Rabu, 10 Juli 2024.

Dia melaporkan, secarak keseluruhan, pihak Arab Saudi telah menerbitkan 191.582 tasrih untuk masuk ke Raudah bagi jemaah haji Indonesia.

Ia mengatakan, untuk menghadirkan rasa aman dan bagian dari perlindungan jemaah, PPIH Arab Saudi secara reguler melakukan monitoring, pengawasan, dan pengamanan keberangkatan jemaah haji gelombang II dari Mekah ke Madinah, visitasi ke Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) dan Rumah Sakit Arab Saudi untuk melihat kondisi jemaah yang masih dalam perawatan.

“Serta melakukan patroli keliling di sektor-sektor Daker Mekah serta mendata dan mengumumkan barang tercecer/tertinggal milik jemaah haji,” pungkasnya.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat