kievskiy.org

SYL Sering ke Masjid Jelang Sidang Putusan, Rajin Dengarkan Ceramah Ustaz

Mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) saat sidang pada Jumat, 28 Juni 2024.
Mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) saat sidang pada Jumat, 28 Juni 2024. /Antara/M Risyal Hidayat

PIKIRAN RAKYAT - Mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) akan menjalani sidang vonis Majelis Hakim pada hari ini, Kamis, 11 Juli 2024. Penasihat hukum SYL, Djamaludin Koedoeboen mengungkapkan bahwa jelang sidang tersebut, SYL sering menghabiskan waktu di masjid.

Tak hanya melaksanakan sholat, SYL juga mendengarkan ceramah dari para ustaz.

"Ya lebih fokus menyerahkan diri kepada Allah SWT dalam menghadapi persidangan putusan besok. Jadi semua diserahkan saja kepada Allah," katanya, dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara pada Kamis, 11 Juli 2024.

Djamaludin Koedoeboen menyebut SYL sebagai pejabat dan tokoh Sulawesi Selatan hanya ingin memperlihatkan ketegaran dan keteguhannya di hadapan publik. Apalagi, usianya akan memasuki 70 tahun dan istrinya, Ayun Sri Harahap sedang sakit.

SYL ingin menunjukkan bahwa dirinya kuat menghadapi jalan hidupnya, dengan harapan, keluarga dan seluruh pihak yang simpati kepadanya bisa merasa bahwa SYL baik-baik saja.

Namun sesungguhnya, SYL sebagai manusia biasa juga merasa rapuh. Namun, SYL tak mau menimbulkan kekecewaan karena bisa berdampak lain.

"Kami menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, itu saja. Kami menghormati jalannya peradilan, Majelis Hakim Yang Mulia, teman-teman KPK terutama jaksa penuntut umum, dan semua pihak," ujarnya.

Pada sidang putusan hari ini, istri SYL tak akan hadir karena masih sakit dan berada di Makassar. Sementara, anak-anak SYL, yakni Indira Chunda Thita dan Kemal Redindo akan hadir beserta pasangannya masing-masing.

SYL Nangis Saat Sidang

Sebelumnya, saat membacakan nota pembelaan (pleidoi) di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta pada Jumat, 5 Juli 2024, SYL sempat menangis. Ia merasa tak masuk akal jika dirinya didakwa melakukan korupsi.

Menurutnya, apabila ia berniat untuk korupsi, maka hal itu sudah dilakukannya sejak menduduki jabatan penting di daerah, bukan baru terjadi saat ia menjabat sebagai menteri.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat