kievskiy.org

Viral Fenomena Jasa Nikah Siri Online di Gresik: Perempuan Makin Dirugikan, MUI Harus Turun Tangan

Ilustrasi pernikahan.
Ilustrasi pernikahan. /Pixabay/Ikri

PIKIRAN RAKYAT - Fenomena nikah siri online tanpa wali sedang viral di Gresik, Jawa Timur. Banyak yang menyediakan jasa nikah siri di media sosial, dengan tarif mencapai jutaan rupiah.

Penyedia layanan nikah siri online tanpa wali melakukan promosi di berbagai platform media sosial (medsos) mulai dari Facebook, Instagram, hingga WhatsApp. Pasangan yang berminat harus merogoh kocek hingga Rp2,5 juta.

Menanggapi viralnya fenomena tersebut, Ketua Komnas Perempuan Andy Yentriyani turun tangan. Dia menekankan, fenomena nikah siri online telah melanggar hukum positif dan hukum agama.

Sebab, nikah siri online tidak memenuhi syarat sahnya pernikahan seperti yang tercantum dalam hukum agama, salah satunya Islam.

"Salah satu syaratnya adanya wali pernikahan. Belum lagi pernikahan siri artinya tidak tercatat oleh negara dan secara hukum positif juga melanggar UU yang ada," kata Andy Yentriyani, Rabu 10 Juli 2024.

Perempuan Makin Dirugikan

Selain melanggar hukum, nikah siri online dinilai makin membuat perempuan sebagai pihak yang dirugikan. Pasalnya, nikah siri membuat pihak perempuan tidak bisa menuntut haknya sebagai istri yang telah dilanggar oleh suami.

"Bagaimana perempuan bisa menuntut haknya, apabila tidak adanya kekuatan hukum tetap terhadap legalitas perkawinan tersebut. Perempuan juga makin rentan dengan potensi KDRT dan dapat ditingalkan begitu saja," tutur Andy Yentriyani.

"Oleh karena itu, negara harus segera menindak praktek nikah siri online yang membuat perempuan semakin rentan menjadi korban," ujarnya menambahkan.

MUI Harus Turun Tangan

Sementara itu, Sosiolog Universitas Airlangga (Unair) Tuti Budi Rahayu menyebutkan bahwa fenomena nikah siri online harus ditindaklanjuti oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). Dia mengaku khawatir, nikah siri online akan digunakan sebagai sarana human trafficking dan prostitusi terselubung.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat