kievskiy.org

Aneu Veronica Pecahkan Rekor Angkat berat Asia

LIFTER Indonesia Mulia Anggraini melakukan angkatan
LIFTER Indonesia Mulia Anggraini melakukan angkatan

SOREANG, (PR).- Lifter putri Jawa Barat Aneu Veronica pun turut memecahkan rekor di Kejuaraan Asia Angkat Berat di Gymnasium Gelora Sabilulungan Jalak Harupat, Kamis, 4 Mei 2017. Aneu Veronica memecahkan rekor Asia untuk angkatan bench press dari 160 kilogram menjadi 165 kilogram. Prestasi ini sekaligus menyumbang tambahan 3 medali emas bagi kontingen Indonesia.

Turun di kelas -72 kilogram kategori open putri, penampilan Aneu di kejuaraan tersebut sangat mengesankan. Bahkan ia melebihi performanya saat hanya meraih perak di PON XIX 2016 lalu.

Aneu Veronica meraih emas pertamanya pada angkatan squat dengan catatan terbaik 195 kilogram. Pada angkatan ini, perak dan perunggu pun berhasil disapu bersih lifter Indonesia lain, Maria dan Mariana Prasetya dengan catatan 180 kilogram.

Memasuki angkatan bench press, Aneu tak terbendung oleh lifter lain baik sesama Indonesia maupun lifter India dan Filifina. Ia langsung sukses mengangkat beban 150 kilogram di saat lifter lain rata-rata memulai percobaan pertama dengan beban di bawah 120 kilogram.

Kondisi itu dimanfaatkan Aneu Veronica untuk mencoba memecahkan rekor Asia seberat 160 kilogram di percobaan kedua. Rekor itupun langsung pecah karena Aneu mampu mengangkat beban seberat 161 kilogram yang kemudian ia perbaiki menjadi 165 kilogram pada percobaan ketiga.

Gagal di Dead Lift

Tanpa mampu disaingi lifter lain, Aneu pun meraih emas kedua dari angkatan bench press tersebut. Sementara perak dan perunggu pun kembali disabet Maria dan Mariana.

Selisih yang cukup jauh membuat Aneu sengaja tidak mematok beban besar saat angkatan dead lift guna memberi kesempatan pada lifter Indonesia lain untuk meraih emas. Dengan catatan terbaik 160 kilogram, Aneu pun harus rela tak meraih medali di angkatan ini karena hanya menempati peringkat ke-5.

Meskipun demikian, emas angkatan dead lift juga tak lari dari Indonesia karena Maria menjadi yang terbaik dengan catatan 172,5 kilogram. Sayang, perak dan perunggu di angkatan ini melayang ke tangan Ajit A. (India) dan Reboton J. (Filifina).

Meski tak meraih emas di angkatan dead lift, Aneu tetap menempati ranking teratas dalam angkatan total seberat 520 kilogram. Sedangkan perak kembali menjadi milik Mariana dan perunggu jatuh ke tangan Maria.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat