kievskiy.org

Ini Cerita Los Angeles hingga Menjadi Tuan Rumah Olimpiade 2028

Los Angeles akan kembali menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas pada tahun 2028 mendatang. Los Angeles pernah menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas pada tahun 1932 dan 1984. Semula, penyelenggara olimpiade Los Angeles berusaha untuk menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas 2024. Namun, mereka menyerahkan kesempatan tersebut ke Paris dan setuju untuk menunggu putaran selanjutnya.

Dilansir dari NPR, Los Angeles dan London merupakan dua kota yang pernah menjadi tuan rumah olimpiade sebanyak tiga kali. Seperti yang dikutip NPR dari The Associated Press, penawaran untuk menjadi tuan rumah olimpiade 2024 ditandai dengan keengganan, bukan persaingan sengit.

Proses untuk menentukan tuan rumah olimpiade diwarnai dengan gejolak hingga akhirnya LA dan Paris menjadi dua kota terakhir yang dipilih. Melalui proses ini terlihat kota-kota itu tidak ingin menanggung beban keuangan untuk biaya olimpiade yang memang membengkak.

Mengundurkan diri

LA bahkan bukan peserta pertama dari Amerika dalam olimpiade ini. Dua tahun lalu, Boston mengundurkan diri dan mendapat dukungan publik karena kekhawatiran tentang uang pajak. Tawaran untuk AS beralih dari timur ke Pantai Barat saat LA mengikuti pertandingan tersebut.

Tapi kekhawatiran yang sama juga menghantui para politisi dan penduduk lokal di Boston itu menjadi terbukti. Contohnya, ada tiga kota yang mengundurkan diri di Eropa.

Sementara itu, keinginan menjadi tuan rumah Olimpiade dari Hamburg, Roma, dan Budapest juga melemah saat publik tidak antusias memberi dukungan. Masyarakat justru menentang keras rencana itu.

Faktor penentu

Dengan hanya dua kota yang tersisa, Komite Olimpiade Internasional pun melihat sebuah kesempatan yang baik untuk menyelenggarakan olimpiade dua musim panas sekaligus.

Ada beberapa faktor yang menentukan sebuah pertandingan digelar dalam suatu kota. Paris terakhir kali menjadi tuan rumah olimpiade pada tahun 1924 dan menjadikannya "sentimental favorite" untuk olimpiade 2024. Paris hanya dijamin mendapatkan pendanaan untuk membangun fasilitas yang dibutuhkan dalam olimpiade 2024.

"LA akan menggunakan fasilitas yang sudah ada untuk olimpiade, sehingga jauh lebih fleksibel dan lebih murah," ujar anggota KPCC Ben Bergman. "Olimpiade tersebut tidak perlu membangun tempat-tempat baru yang permanen," katanya menambahkan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat