kievskiy.org

Rekrutmen Gelombang II Sukarelawan Asian Games 2018 Dibuka

Penumpang Transjakarta transit di Halte Sentral Harmoni, Jakarta, Sabtu, 30 Desember 2017 lalu. Menyambut Asian Games XVIII, Transjakarta berhias dengan pernak pernik bertema cabang olahraga yang dipertandingkan dalam gelaran olahraga se-Asia tersebut.*
Penumpang Transjakarta transit di Halte Sentral Harmoni, Jakarta, Sabtu, 30 Desember 2017 lalu. Menyambut Asian Games XVIII, Transjakarta berhias dengan pernak pernik bertema cabang olahraga yang dipertandingkan dalam gelaran olahraga se-Asia tersebut.*

JAKARTA, (PR).- Rekrutmen sukarelawan (volunteer) gelombang II untuk Asian Games 2018 kembali dibuka. Para pelamar bisa mendaftarkan diri melalui website resmi Asian Games 2018 www.volunteerasiangames2018.id mulai 18 Januari-5 Maret mendatang.

Saat ini jumlah kebutuhan volunteer untuk games time adalah 13.000 orang. Dimana 11.000 orang dibutuhkan untuk pelaksaan di Jakarta, dan sisanya 2.000 untuk penempatan di Palembang. 

Dari rekrutmen volunteer gelombang pertama, 18 Agustus - 2 September tahun lalu, Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (Inasgoc) telah menjaring sekitar 1.574 orang.

Mereka bisa kembali mendaftar ulang dengan memperbaharui beberapa data tambahan. Di antaranya seperti kelengkapan scan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), dan lain-lain.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Inasgoc Erick Thohir saat peluncuran secara resmi rekrutmen volunteer Asian Games di Kantor Inasgoc, Wisma Serba Guna (WSG), Jakarta, Kamis, 18 Januari 2018.

"Nantinya jumlah yang ada tersebut dari test event akan terus berlanjut ke games time. Karena mereka sudah berpengalaman di test event, maka mereka bisa jadi nanti akan jadi TOT (Training of Trainers ) operationnya. Para volunteer ini nantinya akan di alokasikan ke dalam 19 departemen yang ada seperti venue, medical, ceremonial, ticketing, catering, transportasi, protokol, dan games operational. Tapi mereka sejak awal bisa memilih sendiri minatnya dimana, meskipun nanti dalam psikotest akan divalidasi. Ada kuota masing-masing kebutuhan," ujar Erick.

Rentang usia pendaftaran untuk volunteer minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun. Inasgoc memastikan bahwa untuk Asian Games kali ini, sesuai aturan yang dikeluarkan Departemen Human Resource & Volunteer memang lebih didominasi oleh kaum muda. Dengan begitu, tidak akan ada volunteer senior seperti yang sering kali terlihat di beberapa multievent di luar negeri.

Hal tersebut ditambahkan oleh Direktur HR & V Departerem, Pusparani Hakim. Dari pengalaman rekrutmen test event yang lalu, untuk pendaftaran volunteer "games time" ini, pihaknya kini dalam aplikasi pendaftaran mencantumkan estimasi pelaksanaan proses.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat