kievskiy.org

Tim Pelatda Woodball Jabar Jadi Juara di Jateng Open 2024, Makin Pede Tampil di PON XXI

Atlet Pelatda Woodball Jawa Barat berhasil meraih beberapa gelar juara di ajang Turnamen Woodball Jateng Open di Lapangan Woodball Kemhan United, Surakarta pada 12-15 Juni 2024.
Atlet Pelatda Woodball Jawa Barat berhasil meraih beberapa gelar juara di ajang Turnamen Woodball Jateng Open di Lapangan Woodball Kemhan United, Surakarta pada 12-15 Juni 2024. /Istimewa

PIKIRAN RAKYAT - Tim Pelatda Woodball Jawa Barat yang tengah mempersiapkan diri untuk PON XXI di Aceh-Sumut 2024 berhasil menorehkan prestasi gemilang dengan meraih gelar juara pada Turnamen Woodball Jateng Open 2024. Kompetisi tersebut berlangsung di Lapangan Woodball Kemha United Surakarta pada Sabtu, 15 Juni 2024.

Gelar juara nomor beregu stroke competition putra diraih Tim Woodball Jabar yang terdiri I Gede Sumayasa, Ahmad Yopi Solpianda, Ivan Zakariya Bimantara, dan Moch. Habibullah berhasil meraih pukulan total terendah (378) menyisihkan Tim IWbA Jateng (381) dan Tim IWbA Jakarta (390).

Sedangkan Tim Woodball Putri Jabar yang terdiri Siti Masithah, Maziyatur Rafi’ah, Meirra Dwijayanti, dan Aulia Nurrinisa hanya mampu menduduki urutan ketiga dengan total pukulan (422) dan hanya berselisih satu pukulan dengan Tim Putri Jatim (421) yang berada di urutan kedua. Posisi nomor beregu stroke competition putri diraih Tim Woodball Jateng dengan total pukulan terendah (400).

Namun di nomor perseorangan stroke competition putri yang diikuti 63 peserta, atlet Pelatda Jabar Siti Masithah dan Maziyatur Rafi’ah berhasil meraih gelar juara dan runner up dengan total pukulan terendah (91) dan (96), mengungguli atlet IWbA Jateng Febriyanti yang harus puas berada di urutan ketiga walaupun meraih (96) pukulan tapi kalah dalam jumlah nilai terkecil.

Nomor perseorangan stroke competition putra diraih atlet tuan rumah Daniel Kaputing (Pengcab IWbA Surakarta), dengan jumlah total pukulan terendah (85), diikuti I Gede Prabawa Darma Nugraha (88) dari Pengprov. IWbA Bali dan Rahman (90) dari Pengprov. IWbA Jatim. Sedangkan atlet Jabar, I Gede Sumayasa dan Marga Nugraha Susilo (Jateng) yang sama-sama meraih pukulan (90) harus puas berada di urutan keempat dan kelima karena kalah dalam jumlah pukulan terkecil dari Rahman (Jatim).

I Gede Sumayasa berpasangan dengan Moch. Habibullah meraih gelar juara ketiga di nomor double stroke competition, dengan total pukulan (95) atau kalah empat pukulan dengan juara pertama (91) atas nama Danang Rizky Deyanto Putra/Komang Ardiada Gunatama (Pengprov. IWbA Bali). Sedangkan urutan kedua di nomor ini diraih pasangan Ariska/Aulia Riefky Nurafian (Pengprov. IWbA Jateng) dengan jumlah total pukulan (93).

Evaluasi jelang PON XXI

Tim Pelatih Putra Rubianto Akmal mengungkapkan hasil yang dicapai oleh atlet asuhannya memang belum maksimal. Namun dengan mengikuti ajang Jateng Open sebagai try out bagi Tim Pelatda Wooodball Jabar bisa menjadi bahan evaluasi kesiapan atlet menjelang PON XXI pada September 2024.

“Hasil yang ingin dicapai dalam ajang try out ini adalah menguji kesiapan fisik dan psikologis para atlet, karena secara teknis kemampuan mereka sudah tidak perlu diragukan lagi. Turnamen yang diikuti bukan menjadi tolok ukur prestasi atlet yang tengah dipersiapkan, karena dari segi venue yang dipergunakan dalam turnamen Jateng Open tidak standar, karena hanya fairway-fairway short dan medium, tidak ada long fairwaynya,” katanya.

Ruby mengharapkan pada try out di Malaysia Open pada akhir Juli akan menjadi bahan evaluasi secara menyeluruh terhadap semua aspek persiapan atlet secara prestasi. “Untuk itu dalam sisa waktu persiapan setelah libur Hari Raya Idul Adha, para atlet harus segera kembali ke Pemusatan Latihan di Kota Baru Parahyangan,” ujarnya.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat