kievskiy.org

Prawira Harum Bandung Akhiri Musim Reguler IBL 2024 dengan Kemenangan Solid Kalahkan Amartha Hangtuah Jakarta

Prawira Harum Bandung mengakhiri pertandingan terakhirnya di musim reguler IBL 2024 dengan kemenangan impresif menaklukan Amartha Hangtuah
Prawira Harum Bandung mengakhiri pertandingan terakhirnya di musim reguler IBL 2024 dengan kemenangan impresif menaklukan Amartha Hangtuah /Alwie IBL

PIKIRAN RAKYAT - Prawira Harum Bandung mengakhiri pertandingan terakhirnya di musim reguler IBL 2024 dengan kemenangan impresif. Pada hari Minggu, 7 Juli 2024, Prawira menjamu Amartha Hangtuah Jakarta dan berhasil menang dengan skor 91-83.

Kemenangan ini membuat Prawira menjadi tim ketiga setelah Dewa United Banten dan Pelita Jaya Jakarta yang mencapai 20 kemenangan musim ini. Selain itu, kemenangan ini juga menandai sapu bersih Prawira atas Hangtuah, dengan pertemuan pertama yang dimenangkan pada bulan Januari lalu dengan skor 73-66.

Seharusnya laga melawan Hangtuah menjadi laga terakhir, namun Prawira masih memiliki satu pertandingan tunda melawan Kesatria Bengawan Solo yang sempat dihentikan di tengah laga. Setelah memenangkan laga tersebut, Prawira memiliki rekor kemenangan lebih banyak dibandingkan dengan Kesatria.

Pada pertandingan melawan Hangtuah, Prawira sempat kesulitan di 10 menit pertama akibat banyaknya turnover yang dilakukan. Namun, mereka berhasil membalikkan keadaan dengan akurasi tembakan yang matang dan rebound agresif. Prawira mencatat persentase tembakan 45 persen secara keseluruhan dan mendapatkan 19 offensive rebound yang menghasilkan 16 second chance points.

Brandone Francis, seperti biasa, memimpin tim dengan gemilang. Bermain selama 36 menit, Francis mencatatkan triple-double dengan 27 poin, 11 rebound, dan 11 assist. Ini adalah triple-double kedua Francis di IBL sejak kedatangannya musim lalu dan yang pertama musim ini. Untuk IBL 2024 sendiri, ini adalah triple-double ketujuh sepanjang musim.

Yudha Saputera menyusul dengan kontribusi 17 poin dan 4 assist. Antonio Hester dan Rizal Falconi masing-masing mencetak 14 poin, dengan Hester menambahkan 6 rebound dan Falconi 8 rebound. Keputusan menarik diambil oleh Prawira yang hanya memainkan Manuel Suarez selama 12 menit. Suarez mencatatkan empat turnover dalam lima menit pertama bermain, dan mengakhiri laga dengan lima turnover, yang merupakan 33 persen dari keseluruhan turnover tim Prawira.

Dari kubu Hangtuah, empat pemain mencatatkan poin dua digit. Michael Kolawole memimpin tim dengan 24 poin, 5 rebound, 8 assist, dan 4 steal. Thomas De Thaey menyusul dengan 19 poin, 9 rebound, dan 3 steal. Anthony January mencatatkan 14 poin plus 8 rebound dari bangku cadangan, sementara Fisyaiful Amir menjadi penyumbang angka terbanyak dari barisan lokal dengan 16 poin dan 5 rebound dari 5/8 tembakan. Hangtuah menutup musim dengan 9 kemenangan dan 17 kekalahan.

Backcourt Prawira semakin solid dengan konsistensi Yudha Saputera. Pada pertandingan Sabtu malam melawan Borneo, Yudha mencetak 13 poin, sembilan assist, dan enam rebound, mencatatkan jumlah assist terbanyak kedua dalam satu pertandingan yang pernah dicetaknya di musim 2024.

Sementara itu, Hangtuah akan bertumpu pada Fisyaiful Amir sebagai salah satu eksekutor. Meskipun memiliki kecepatan, akurasi tembakan Fisyaiful masih perlu diperbaiki. Dalam dua laga terakhir, Fisyaiful hanya mencetak tujuh poin saja. Dia diharapkan tampil lebih baik mengingat ini merupakan laga terakhir mereka di musim 2024.

Prawira masih memiliki satu laga tunda melawan Kesatria Bengawan Solo yang akan dimainkan di Bandung dalam dua hari ke depan. Kemenangan lebih dari dua poin akan mengunci peringkat ketiga untuk Prawira, yang akan menghadapi RANS Simba Bogor di ronde pertama Playoff. Namun, jika kalah, Prawira akan tertahan di peringkat keempat dan akan bertemu Kesatria Bengawan Solo atau Satria Muda Pertamina Jakarta di ronde pertama Playoff. Posisi ketiga tim sangat tergantung dengan hasil akhir dari laga tunda tersebut.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat