kievskiy.org

Jadi Hakim yang Bebaskan Pegi Setiawan, Hakim Eman Sulaeman hanya Punya Satu Kendaraan Ini

Profil Eman Sulaeman, hakim tunggal yang memimpin sidang praperadilan Pegi Setiawan
Profil Eman Sulaeman, hakim tunggal yang memimpin sidang praperadilan Pegi Setiawan /Dok. pn-bandung.go.id

PIKIRAN RAKYAT - Sosok Eman Sulaeman kini menjadi perbincangan warganet di media social. Pasalnya, ia menjadi sosok hakim 'pahlawan' yang membebaskan Pegi Setiawan dari kasus pembunuhan Vina di Cirebon.

Eman Sulaeman mengabulkan permohonan gugatan siding praperadilan Pegi Setiawan terhadap Polda Jabar. Imbasnya, ia pun bisa terlepas dari kasus pembunuhan yang tak ia lakukan tersebut.

"Mengadili mengabulkan praperadilan proses penetapan kepada pemohon atas nama Pegi Setiawan dinyatakan tidak sah dan dibatalkan demi hukum," ucap Eman saat sidang di Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Senin 8 Juli 2024.

Karena putusannya ini, Pegi Setiawan pun resmi dinyatakan tak bersalah terhadap rencana pembunuhan terhadap Vina. Ia pun bisa kembali menghirup Udara bebas.

Karena dianggap jadi 'pahlawan' ini, netizen pun mencari informasi mengenai Eman Sulaeman, termasuk harta kekayaan dan koleksi kendaraannya. Ternyata, dari data ini, bisa diketahui Eman Sulaeman adalah sosok yang sederhana.

Kekayaan Sang Hakim

Mengutip dari situs Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LKPN) pada Selasa 9 Juli 2024, Eman Sulaeman tak memiliki terlalu banyak harta. Secara total, ia hanya memiliki nilai kekayaan sebesar Rp294.031.507.

Memang rasanya tak mengherankan. Mengingat posisinya saat ini sebagai hakim Pembina Tingkat I IV/b, ia setiap bulannya mengantongi gaji pokok ssebesar Rp1,7-2,4 jutaan.

Terakhir kali Eman Sulaeman melaporkan harta kekayaannya pada 2 Januari 2024. Data yang ia laporkan itu untuk periodik tahun 2023.

Koleksi Kendaraan Sang Hakim

Honda Scoopy Prestige Hijau
Honda Scoopy Prestige Hijau

Salah satu kekayaan yang tercatat dimiliki oleh Eman Sulaeman di dalam garasinya hanyalah satu unit sepeda motor Honda dengan kode NC11CF1C lansiran 2013. Diketahui, kode tersebut merupakan panggilan untuk Honda Scoopy.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat