kievskiy.org

Daftar 7 Tol yang Bakal Terapkan Transaksi Tanpa Stop, Jagorawi Termasuk?

Kepadatan kendaraan di ruas Tol Jagorawi, Cibubur, Jakarta Timur, Sabtu (24/12/2022). Kepadatan kendaraan tersebut imbas dari mobilitas warga yang akan berlibur jelang libur Natal 2022.
Kepadatan kendaraan di ruas Tol Jagorawi, Cibubur, Jakarta Timur, Sabtu (24/12/2022). Kepadatan kendaraan tersebut imbas dari mobilitas warga yang akan berlibur jelang libur Natal 2022. /ANTARA FOTO /Yulius Satria Wijaya.

PIKIRAN RAKYAT - Pemerintah siap mulai memberlakukan sistem pembayaran tol tanpa stop di masa depan. Setidaknya, kebijakan ini akan diuji coba terlebih dahulu.

Sistem yang dikenal sebagai multi lane free flow (MLFF) ini akan diterapkan di 7 ruas tol Indonesia. Setelah diterapkan pengguna yang melalui tol ini tak perlu lagi berhenti Ketika transaksi.

Pasalnya, sistem akan otomatis membaca sensor yang ada di mobil. Gardu tol akan terbuka otomatis. Sementara pembayaran bisa dilakukan dengan cara autodebet aplikasi online.

Saat ini, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) lewat Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menjelaskan MLFF akan diuji coba di 7 ruas jalan tol. Transaksi akan dilakukan tanpa mobil harus berhenti.

Daftar 7 Jalan Tol

Saat ini kebijakan dari sistem tol tanpa stop masih diuji coba. Karena pemerintah sedang ada di fase transisi untuk masa depan.

"Untuk tahap masa transisi, sistem MLFF akan diterapkan di beberapa ruas yang masuk ke dalam pertimbangan masa transisi," kata keterangan BPJT dikutip Pikiran-Rakyat.com Selasa 9 Juli 2024.

Untuk daftarnya, berikut adalah 7 ruas jalan tol yang anut sistem transaksi tanpa stop:

  • Tol Bali Mandara
  • Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam),
  • Tol Jagorawi (Jakarta-Bogor-Ciawi)
  • Tol Jakarta-Cikampek (Japek)
  • Tol Soedijatmo (Tol Bandara Soetta)
  • Tol Dalam Kota Jakarta
  • Tol Ruas Jakarta Outer Ring Road (JORR) 1

Kapan Sistem Berjalan

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan sistem MLFF ini akan terus diuji coba. Setidaknya, sampai akhir tahun 2024.

Kemudian, setelah diuji coba, kebijakan akan dilakukan secara bertahap di Jalan Tol Indonesia mulai akhir tahun 2024.

"Dari hasil uji coba pada Desember 2023 di ruas tol Bali Mandara masih ada beberapa hal yang harus dievaluasi, termasuk teknis dan manajerial. Saat ini sudah ada solusi dari sisi manajerialnya. Saya optimis MLFF akan diimplementasikan secara bertahap dengan masih single lane atau hibrid masih dengan kartu (e-toll)," kata Basuki menjelaskan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat