kievskiy.org

Erick Thohir: Pemerintah Siapkan Aturan Baru, BBM Subsidi Nantinya Hanya Boleh Dipakai Rakyat Tertentu

Menteri BUMN, Erick Thohir memberikan penjelasan mengenai penggunaan BBM subsidi saat ditemui di Kantor Pos Tua, Jakarta Barat Rabu 10 Juli 2024
Menteri BUMN, Erick Thohir memberikan penjelasan mengenai penggunaan BBM subsidi saat ditemui di Kantor Pos Tua, Jakarta Barat Rabu 10 Juli 2024 /Pikiran-Rakyat.com/Boy Darmawan

PIKIRAN RAKYAT - Pemerintah kini tengah mempersiapkan aturan baru mengenai penggunaan bahan bakar minyak (BBM) subsidi. Ke depannya, BBM subsidi tak bisa digunakan semua orang.

Hal ini disampaikan oleh Menteri BUMN, Erick Thohir. Menurutnya, ke depannya jangan sampai BBM subsidi jatuh ke tangan orang yang tak tepat sasaran.

Pemerintah akan mendorong supaya BBM subsidi tak bisa lagi digunakan oleh orang mampu. Artinya BBM tersebut hanya boleh digunakan masyarakat dengan pendapatan menengah ke bawah.

"Kita sedang menunggu Perpres 191 di mana BBM tepat sasaran. Jangan sampai BBM ini digunakan oleh orang yang mampu, tetapi mendapatkan BBM bersubsidi, jangan sampai," kata Erick Thohir pada awak media saat ditemui di Kantor Pos Kota Tua, Jakarta Barat.

Listrik dan Gas LPG Juga Dibatasi

Menurut Erick Thohir, tak hanya BBM subsidi saja yang nanti penggunaannya dibatasi. Melainkan listrik rumah dan tabung LGP 3 kilogram. Itu juga akan diawasi.

"Listrik juga sama. Jangan sampai salah sasaran. Seperti digunakan di rumah-rumah besar atau perusahaan-perusahaan besar. Ya kurang baik," ucap Erick Thohir.

Erick Thohir menjelaskan kemungkinan aturan rampung pada Agustus 2024. Tapi, tak dapat dipastikan karena Kementerian BUMN bukan penentu kebijakan.

"Jadi kita sangat mendorong Perpres 191 ini untuk segera didorong. Tak hanya buat BBM, tapi kita juga berharap buat gas karena ya impornya tinggi sekali," tuturnya.

Siapkan BBM Ramah Lingkungan

Tak hanya akan membatasi penggunaan BBM subsidi saja, Erick Thohir juga menyatakan pemerintah akan menyiapkan bahan bakar berbasis bioetanol. Ini untuk mendukung kebijakan Peraturan Presiden (Perpres) 40.

"Kalau misalnya mengenai bioetanol ini kan, itu nature based (berbasis dari alam). Jadi bisa mengurangi polusi. Ke depannya kan polusi jadi tak terlalu banyak," tutur Erick.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat