kievskiy.org

2.996 Orang Lolos SMUP Unpad dari Puluhan Ribu Peserta Seleksi Jalur Mandiri

Universitas Padjadjaran atau Unpad menerima 2.996 calon mahasiswa baru melalui SMUP atau seleksi jalur mandiri 2021.
Universitas Padjadjaran atau Unpad menerima 2.996 calon mahasiswa baru melalui SMUP atau seleksi jalur mandiri 2021. /Dok. Pikiran Rakyat

PIKIRAN RAKYAT - Sebanyak 2.996 peserta dinyatakan lolos Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP) untuk Jalur Mandiri, Jalur Prestasi, dan Jalur Internasional.

Jumlah tersebut terdiri dari 1.588 peserta diterima pada Jalur Mandiri skema UTBK, 1.218 peserta dari skema ujian, 100 peserta dari Jalur Prestasi, serta 90 peserta dari Jalur Internasional. Adapun total peserta yang mengikuti SMUP Jalur Mandiri berjumlah 40.535 orang.

Pengumuman Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP) untuk jenjang Sarjana Jalur Mandiri, Jalur Prestasi, dan Jalur Internasional bisa dilihat di laman #.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Arief S. Kartasasmita mengatakan, untuk Jalur Prestasi, Unpad menerima calon mahasiswa baru dengan kriteria prestasi yang direkognisi pemerintah, baik oleh Kemendikbudristek serta Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), di tingkat nasional maupun internasional.

Baca Juga: Teori Konspirasi Covid-19 Beredar Makin Meluas, Tokoh NU: yang Tak Percaya, Coba Datangi RS Tanpa APD

“Jadi kami tidak sembarangan menerima prestasi, prestasinya yang diakui pemerintah, di samping prestasi keagamaan dari semua agama,” kata Arief melalui siaran pers, Selasa 6 Juli 2021.

Sementara pada Jalur Mandiri, seleksi dilakukan cukup ketat. Hal ini dilakukan mengingat daya tampung jalur mandiri di Unpad adalah sebesar 40 persen dari total daya tampung program sarjana.

“Yang pasti kalau tidak diterima di jalur mandiri bukan berarti prestasinya jelek, tetapi karena terbatas, yang daftar memiliki catatan prestasi yang baik, memang seleksinya menjadi lebih ketat,” ucap Arief.

Arief menegaskan, pengumuman kelulusan SMUP Jalur Mandiri, Prestasi, dan Internasional hanya dilakukan di laman Unpad. Di luar itu, Unpad tidak mengumumkan kelulusan untuk seleksi program Sarjana.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat