kievskiy.org

Indonesia Cetak Sejarah Baru! Jadi Juara Umum ASEAN University Games 2024

Kontingen Indonesia melakukan defile saat pembukaan ASEAN University Games (AUG) 2024 di Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang, Jawa Timur.
Kontingen Indonesia melakukan defile saat pembukaan ASEAN University Games (AUG) 2024 di Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang, Jawa Timur. /Antara/Naufal Ammar Imaduddin

PIKIRAN RAKYAT - Kontingen Mahasiswa Indonesia mencatatkan prestasi gemilang dengan menjadi juara umum pada 21st ASEAN University Games 2024. Ajang olahraga antaruniversitas se-Asia Tenggara itu digelar di Surabaya dan Malang, Jawa Timur.

Dengan prestasi tersebut, Indonesia menorehkan sejarah baru. Putra-putri bangsa berhasil mengumpulkan total 296 medali, yang terdiri dari 126 emas, 99 perak, dan 71 perunggu.

Ini menjadikan Indonesia sebagai peraih medali emas terbanyak sepanjang sejarah penyelenggaraan ASEAN University Games. Dengan capaian ini, Indonesia mengukuhkan posisinya di puncak klasemen medali.

Apresiasi pun datang dari Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Suharti.

“Terima kasih banyak untuk semua kerja keras semua pihak yang sudah melakukan yang terbaik, mulai dari persiapan sampai hari ini. Kami berterima kasih akhirnya kita bisa mendapatkan medali terbanyak dan itu hadiah besar untuk Indonesia," ujarnya, Sabtu 6 Juli 2024.

Suharti juga menyampaikan harapannya agar para atlet tetap termotivasi mempertahankan semangat dan sportivitas di ajang internasional lainnya. Dia mengungkapkan bahwa Kemendikbudristek juga sudah merencanakan bentuk apresiasi yang layak untuk para atlet berprestasi.

"Tentu pemerintah dalam hal ini Kemendikbudristek akan memberikan apresiasi kepada para atlet peraih medali. Detailnya akan kami sampaikan di kemudian hari," ucapnya.

Prestasi Gemilang Mahasiswa Indonesia

Indonesia menambah koleksi medali dengan 11 emas, 14 perak, dan 11 perunggu dalam perhelatan ASEAN University Games pada Jumat 5 Juli 2024. Medali emas diraih dari atletik (tiga emas), taekwondo (satu emas), pencak silat (empat emas), dan karate (tiga emas).

"Alhamdulillah, Kontingen Mahasiswa kita telah mencetak sejarah baru sebagai juara umum dengan raihan medali terbanyak sepanjang sejarah penyelenggaraan AUG. Rekor sebelumnya dipegang oleh Thailand dengan 109 medali emas pada AUG 2022 di Ubon Rachathani," ujar Ketua Kontingen Indonesia, Del Asri.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat