kievskiy.org

Merawat Kearifan Lokal di Sekolah Adat Pesinauan Komunitas Osing Banyuwangi

Generasi muda komunitas adat Osing menganyam ilalang di Dusun Krajan, Desa Tamansuruh, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Minggu (7/7/2024).
Generasi muda komunitas adat Osing menganyam ilalang di Dusun Krajan, Desa Tamansuruh, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Minggu (7/7/2024). /Muhammad Ashari/PR

PIKIRAN RAKYAT - Puluhan muda-mudi dari komunitas adat Osing berusia 13-18 tahun menganyam ilalang di sebuah bale sederhana di Dusun Krajan, Desa Tamansuruh, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Minggu 7 Juli 2024.

Generasi muda itu, kebanyakannya adalah perempuan, duduk melingkar dalam bebeberapa kelompok. Mereka memilah-milah ilalang kering dan tebal, kemudian mengikatnya dengan benang, lalu menyatukannya dengan ilalang lainnya. Ilalang yang tengah dianyam itu rencananya akan dijadikan atap serta pernak-pernik interior.

Beberapa orang yang berumur lebih tua mengamati kelompok tersebut. Salah satunya adalah Budi Hartanto, seseorang yang dianggap ahli oleh warga setempat dalam menganyam ilalang.

Sesekali Budi menghampiri sebuah kelompok dan memberitahu bila ikatan benang pada ilalang itu perlu diperbaiki. Ia kemudian menyampaikan teknik-teknik tertentu dalam mengikat ilalang kepada pemuda-pemudi yang berkelompok itu.

Budi adalah yang pertama kali memanfaatkan ilalang dengan pendekatan ekonomis di komunitas adat Osing. Sebelumnya, di komunitas tersebut, ilalang secara turun temurun telah berfungsi sebagai atap bagi makam leluhur, seperti di Pesanggrahan Buyut Cungking, dan juga Bale Tajug, sebuah pusat kegiatan ritual yang berkaitan dengan Buyut Cungking. Bagi masyarakat adat Osing, ilalang dipercaya bisa menghilangkan hal-hal buruk.

Budi bersama kawan-kawannya kemudian memanfaatkan ilalang tersebut menjadi produk yang memiliki nilai lebih. Kaum perempuan umumnya yang lebih banyak dilibatkan dalam pengolahan ilalang.

"Ilalang ini ternyata memiliki nilai ekonomis tinggi setelah diproses dan diperjualbelikan. Ada saja yang memesan dari hotel, rumah, atau petilasan," katanya.

Ia mengharapkan, warga setempat bisa menyadari potensi ekonomis dari ilalang dan memiliki keahlian untuk memanfaatkannya sehingga bisa menjadi lebih mandiri dan berdaya.

Transfer ilmu

Setiap komunitas adat memiliki caranya sendiri dalam mewariskan pengetahuan ke generasi yang lebih muda, salah satunya lewat sekolah adat. Komunitas adat Osing di Kabupaten Banyuwangi adalah salah satu yang aktif dalam melakukan transfer ilmu kepada anak-anak muda melalui sekolah adat bernama Pesinauan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat