kievskiy.org

10 Manfaat Mengantar Anak di Hari Pertama Sekolah, Jangan Sampai Menyesal!

Ilustrasi siswa SD.
Ilustrasi siswa SD. /Antara/Feny Selly

PIKIRAN RAKYAT - Dengan datangnya tahun ajaran baru 2024, banyak orang tua dan anak memasuki fase baru dalam kehidupan mereka, yaitu hari pertama sekolah.

Momen ini bukan hanya penuh dengan harapan dan kecemasan, tetapi juga merupakan kesempatan untuk memperkuat hubungan di ranah keluarga dan pendidikan.

Mengantar anak di hari pertama sekolah tidak sekadar menjadi rutinitas, melainkan merupakan peristiwa yang bernilai dengan berbagai manfaat yang dapat dirasakan oleh semua pihak terlibat. Berikut di antara manfaat mengantar anak di hari pertama sekolah:

1. Membangun Rasa Aman dan Percaya Diri

Mengantar anak di hari pertama sekolah membantu mereka merasa aman dan percaya diri karena kehadiran orang tua atau pendamping yang mereka percayai.

2. Menjalin Hubungan Baik dengan Guru

Momen ini akan membantu anak mengenal guru mereka secara langsung dan memfasilitasi pengenalan yang baik antara anak, guru, dan orang tua.

3. Memahami Lingkungan Sekolah

Mengantar anak memungkinkan mereka untuk lebih memahami lingkungan sekolah, termasuk lokasi kelas, kantor kepala sekolah, dan fasilitas umum lainnya. Orang tua dapat membantu menjelaskan sebagai wali dan pendamping.

4. Mengurangi Kecemasan

Menghadapi hari pertama sekolah bisa menjadi momen yang menegangkan bagi anak-anak. Kehadiran orang tua atau pendamping dapat mengurangi kecemasan dan membantu mereka beradaptasi lebih baik.

5. Mendorong Kemandirian

Meskipun diantar, proses mengantarkan anak ke sekolah juga membantu mendorong kemandirian dengan memberikan mereka rasa percaya diri menjelajahi lingkungan baru nanti.

6. Menjaga Komunikasi Terbuka

Mengantar anak memberikan kesempatan bagi orang tua untuk berkomunikasi dengan guru atau staf sekolah, tentang kebutuhan khusus anak atau informasi penting lainnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat