kievskiy.org

Agar Cepat Dapat Kerja, Lulusan SMK Harus Tingkatkan Skill yang Dibutuhkan

Ilustrasi siswa SMK.*
Ilustrasi siswa SMK.* /Istimewa

PIKIRAN RAKYAT - Peluang kerja lulusan SMK sangat besar. Hanya saja, peluang ini sangat tergantung dari skills atau keterampilan yang dimiliki oleh lulusan tersebut.


Apalagi, saat ini semakin banyak perusahaan yang mencari karyawan dengan keterampilan praktis dan kemampuan yang terukur daripada hanya mengandalkan gelar akademis semata.


Hal ini disampaikam Kepala SMK Bina Wisata Lembang Dede Budiman dalam siaran pers, Selasa 9 Juli 2024. Menurut dia, saat ini persaingan di dunia kerja semakin ketat. Lulusan yang memiliki keterampilan kuat serta relevan menjadi semakin penting. Oleh karena itu, bagi lulusan SMK, mengasah keterampilan sangatlah penting untuk meningkatkan peluang mereka dalam mencari kerja.


Dede mengatakan lulusan SMK juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan, terutama jika memiliki keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan industri atau perusahaan. Meskipun lulusan SMK mungkin tidak memiliki gelar sarjana, tetapi dapat memiliki keunggulan dalam bidang tertentu. Sebab telah menerima pelatihan keterampilan teknis yang lebih spesifik selama masa sekolah.


“Sebagai buktinya melalui Bursa Kerja Khusus (BKK) sebagai unit pelaksana yang memberikan pelayanan dan informasi lowongan kerja, pelaksana pemasaran, penyaluran, dan penempatan kerja. Lulusan SMK Bina Wisata Lembang yang ada dibawah naungan Yayasan Pendidikan Bina Wisata (YPBW) banyak diminati dunia industri dan dunia usaha. Permintaan tersebut sebagian besar untuk lulusan Perhotelan, Kuliner, Perkantoran dan Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim (PPLG),” ungkapnya.

 

Dede Budiman.*
Dede Budiman.*

Selain itu, Dede menjelaskan lulusan SMK mungkin perlu bekerja lebih keras dan lebih banyak mengasah keterampilan mereka untuk bersaing dengan lulusan perguruan tinggi.


Sebagai lulusan SMK, dapat memperkuat kemampuan melalui pelatihan tambahan, magang, atau pengalaman kerja di lapangan. Jika memiliki portofolio yang kuat dan dapat menunjukkan kemampuan melalui proyek-proyek yang telah diselesaikan sebelumnya, maka berpeluang untuk mendapatkan pekerjaan di industri yang diminati sangat terbuka.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat